Faturrohman, Rifal (2022) Rancang bangun pengendali kecepatan motor BLDC berbasis Digital Signal Processor TMS320F28027F. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (897kB) | Request a copy |
||
Text (BAB VI)
9_bab6.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) | Request a copy |
Abstract
Motor Brushless Direct Current (BLDC) merupakan perkembangan dari motor DC yang menggunakan sumber tegangan tiga fasa. Motor BLDC memiliki keunggulan yaitu efisiensi yang tinggi, karakteristik kecepatan dan torsi yang baik, kebisingannya rendah saat dioperasikan dan memiliki umur pengoperasian yang panjang. Motor BLDC memerlukan sistem kendali yang dapat meningkatkan respon kecepatan yang stabil dan responsif untuk memaksimalkan keunggulan tersebut. Penelitian ini membahas mengenai pengendalian kecepatan dengan kendali Proportional Integral (PI) dan metode Field Oriented Control (FOC) yang berbasis Digital Signal Processor (DSP). Penelitian ini terlebih dahulu melakukan simulasi kendali PI untuk melihat hasil pengendalian sebelum diimplementasikan pada motor BLDC. Hasil simulasi memperoleh nilai Kp sebesar 0,01165 dan Ki sebesar 0,10699. Penelitian ini juga menerapkan metode FOC menggunakan library InstaSPIN-FOC Texas Instruments dan implementasi menggunakan DSP TMS320F28027F. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan respon yang baik dengan nilai overshoot dan error steady state yang kecil, sehingga menghasilkan keluaran dengan ripple yang rendah dan respon yang cepat. Sistem kendali yang dirancang mampu melakukan tracking kecepatan pada setpoint 500 RPM, 700 RPM dan 900 RPM. Pengujian kecepatan motor BLDC menghasilkan nilai settling time secara berurutan 0,30 s, 0,18 s dan 0,14 s, nilai overshoot sebesar 0,2%, 1,14% dan 0,22% dan nilai error steady state sebesar 1%, 0% dan 0,22%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motor BLDC; Field Oriented Control; Kendali PI; DSP TMS320F28027F |
Subjects: | Electricity > Theories of Electricity Applied Physics > Electric and Related Motors Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Rifal Faturrohman |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 02:26 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57445 |
Actions (login required)
View Item |