Munawaroh, Ani Halimatul (2022) Penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (318kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (710kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5-bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (971kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design, dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelompok pembanding dengan desain one-group-pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 MAN 1 Kuningan dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Guided Discovery Learning berlangsung baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 78% dan aktivitas peserta didik 77%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 67,57 dan t_tabel 2,04 (t_hitung>t_tabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Guided Discovery Learning dengan nilai N-gain sebesar 0,70 pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guided Discovery Learning; kemampuan pemecahan masalah; usaha dan energi |
Subjects: | Physics > Measurement of Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Ani Halimatul Munawaroh |
Date Deposited: | 20 Sep 2022 07:14 |
Last Modified: | 20 Sep 2022 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57485 |
Actions (login required)
View Item |