Nurlaila, Tsani Siti (2022) Pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakapan hidup : Studi deskriptif di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani Tanjungsari-Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (722kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh keluarga yang kurang mampu dalam memenuhi hak dan kebutuhan anak yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kemiskinan, kematian dan kurangnya ilmu pengetahuan. Hal tersebut, mengakibatkan keputusasaan anak karena kesejahteraannya tidak dapat terwujud. Maka dari itu, melalui Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani yang berperan sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) menjadi jembatan bagi anak untuk mewujudkan kesejahteraan hidupnya dengan pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakaan hidup yang dilakukan oleh Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan serta hasil dari pemberdayaan anak asuh melalui program pengembangan keterampilan kecakapan hidup yang dilaksanakan di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani Tanjungsari-Sumedang. Landasan teoritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemberdayaan yang dikemukakan oleh Edi Suharto. Teori ini menjelaskan bahwa pemberdayaan merupakan suatu proses dan tujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi deskripstif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara serta observasi secara langsung dilapangan mengenai program pengembangan keterampilan kecakapan hidup di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani. Hasil temuan dilapangan menunjukkan bahwa: Program Kecakapan hidup di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani meliputi berbagai macam bidang mulai dari keagamaan, seni budaya, lingkungan, dan ekonomi. Dalam prosesnya penerapan program keterampilan kecakapan hidup di Rumah Anak Asuh Yayasan Bening Nurani ini dibuat dalam berbagai bentuk, diantaranya keterampilan kecakapan hidup yang bersifat umum dan keterampilan kecakapan hidup yang bersifat khusus. Anak asuh dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang mereka dimiliki juga dapat mengubah pola pikir dan perilaku mereka kearah yang lebih positif dan bermanfaat. Sehingga banyak alumni anak asuh Yayasan Bening Nurani yang telah bekerja di berbagai bidang ada yang menjadi seorang guru, pekerja kantor dan wirausahawan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan; Anak Asuh; Kecakapan Hidup |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups Social Groups > Social Classes Communities > Specific Kinds of Communities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Tsani Siti Nurlaila |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 05:38 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 05:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/57599 |
Actions (login required)
View Item |