Peningkatan kemampuan representasi dan Self-Confidence siswa melalui model pembelajaran Anchored Instruction : Penelitian kuasi eksperimen

Yusuf, Muhammad (2022) Peningkatan kemampuan representasi dan Self-Confidence siswa melalui model pembelajaran Anchored Instruction : Penelitian kuasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis dan kurangnya self confidence siswa yang didukung oleh studi pendahuluan di suatu SMA. Salah satu alternatif untuk menanggulangi permasalahan tersebut yaitu dengan pembelajaran model Anchored Instruction (AI). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa; (b) Perbedaan pencapaian kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa; (c) Peningkatan self confidence siswa terhadap pembelajaran matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran model Anchored Instruction (AI). Penelitian ini dilakukan di SMA Karya Pembangunan 3 Paseh kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan pembelajaran model Anchored Instruction (AI) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori; (b) Pencapaian kemampuan representasi matematis siswa dengan model Anchored Instruction (AI) lebih baik berdasarkan tingkat PAM siswa (Tinggi, Sedang, Rendah); (c) Terdapat peningkatan self confidence siswa terhadap pembelajaran matematika sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran model Anchored Instruction (AI). Maka, model Anchored Instruction (AI) efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self confidence siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anchored Instruction (AI);Representasi Matematis;Self-Confidence
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Mathematics > General Publications of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusuf
Date Deposited: 22 Sep 2022 08:53
Last Modified: 22 Sep 2022 08:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57758

Actions (login required)

View Item View Item