Pengaruh model pembelajaran InSTAD berbantu LKPD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem

Siti Aisah, Dini (2022) Pengaruh model pembelajaran InSTAD berbantu LKPD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (346kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran InSTAD tercipta dari hasil penggabungan model inkuiri terbimbing dan kooperatif STAD. Model pembelajaran InSTAD memungkinkan siswa untuk mencapai pembelajaran bermakna dan mengembangkan kemampuan bersosial. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh model pembelajaran InSTAD berbantu LKPD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan Non Equivalent Control Group Design. Data diperoleh melalui pengisian lembar observasi, pretest, posttest dan lembar angket. Perolehan rata-rata lembar observasi keterlaksanaan kegiatan guru dan siswa sebesar 98,35% dengan kategori sangat baik. Perolehan hasil n-gain kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 61,8% dengan kategori cukup efektif yang mana hasil tersebut lebih besar daripada peningkatan kelas kontrol yaitu sebesar 53.14% dengan kategori kurang efektif. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan Uji T-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen dengan hasil Sig.(2-tailed) 0.042 < 0,05 dan hasil uji Effec Size sebesar 0.5 dengan kategori sedang. Perolehan nilai rata-rata angket respon siswa sebesar 71.32% dengan kategori sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran InSTAD berbantu LKPD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Ekosistem. Penulis menyarankan adanya penelitian yang lebih dalam mengenai pengaruh model InSTAD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi biologi lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Hasil Belajar Kognitif; InSTAD; Pembelajaran; Pengaruh;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Dini Siti Aisah
Date Deposited: 27 Sep 2022 00:56
Last Modified: 27 Sep 2022 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58056

Actions (login required)

View Item View Item