Pengaruh pembiayaan Rahn tehadap tingkat kepuasan nasabah berdasarkan PSAK 107 pada Pegadaian Syariah Karawang periode 2020

Patonah, Siti (2022) Pengaruh pembiayaan Rahn tehadap tingkat kepuasan nasabah berdasarkan PSAK 107 pada Pegadaian Syariah Karawang periode 2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan nasabah sangat diperhatikan disini dari kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi dan keamanan dalam penyimpanan barang yang digadaikan nasabah. Salah satu produk yang paling diminati nasabah di Pegadaian Syariah adalah pembiayaan rahn, pembiayaan rahn adalah produk jasa gadai yang berdasarkan pada prinsip- prinsip syariah, dimana nasabah hanya akan dipungut biaya administrasi dan ujrah (biaya jasa simpan dan pemeliharaan barang jaminan). Tujuannya yaitu apakah akad rahn, barang jaminan, biaya pemeliharan, dan sisa barang jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasaan nasabah baik Berdasarkan PSAK 107. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner, buku- buku, serta literature yang lain. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Random Sampling, dengan jumlah responden sebanyak 87 responden. Teknik analisis data yang dilakukan ialah analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f , dan koefisen determinasi (Adjusted R2) yang diolah melalui program SPSS versi 25.0 dengan taraf sign 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa akad rahn dan biaya pemeliharan berpengaruh positif. Terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai thitung > ttabel (3.856 > 1.989) dan (3.805 > 1.989). Barang jaminan dan Sisa barang jaminan tidak berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan nasabah dengan nilai thitung < ttabel (1.234 < 1.989) dan (0.735 < 1.989). Akad rahn, barang jaminan, biaya pemeliharan dan sisa barang jaminan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah, dengan nilai fhitung ≥ ftabel (25.163 ≥ 2.48). Hasil koefisien determinasi menunjukan 52.9%, varibael kepuasan nasabah dalam pembiayaan rahn dipengaruh oleh akad rahn, barang jaminan, biaya pemeliharan, sisa barang jaminan, sedangkan sisanya sebesar 47.1% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa barang jaminan dan sisa barang jaminan belum memenuhi tingkat kepuasan nasabah dalam melakukan transaksi pembiayaan rahn di Pegadaian Syariah Karawang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Rahn; Kepuasan Nasabah; Pegadaian Syariah;.
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Siti Patonah
Date Deposited: 27 Sep 2022 06:55
Last Modified: 27 Sep 2022 06:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58218

Actions (login required)

View Item View Item