Kredibilitas acara "Buka Mata" narasi TV : Studi kualitatif pada mahasiswa UIN Bandung

Ramadhanty, Dinda Aulia (2022) Kredibilitas acara "Buka Mata" narasi TV : Studi kualitatif pada mahasiswa UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Digitalisasi merupakan salah satu bukti dari perkembangan teknologi saat ini, yang mengakibatkan perubahan drastis pada kebiasaan masyarakat dalam mencari informasi. Fenomena tersebut kemudian menyebabkan lahirnya banyak media baru dengan melakukan pemanfaatan pada banyak platform media sosial contohnya YouTube. Narasi TV merupakan salah satu perusahaan televisi yang baru berdiri sejak 2018 dengan mengeluarkan banyak produk jurnalistik berbentuk video di kanal YouTube. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kredibilitas yang dimiliki salah satu acara program Narasi TV yaitu Buka Mata, liputan investigatif yang menguak banyak isu lingkup nasional menurut pandangan mahasiswa sebagai generasi muda. Teori penelitian yang digunakan adalah teori kredibilitas media (Media Credibility) oleh Salwen, Garrison dan Driscoll dengan arti sebagai tingkat keterpercayaan dari pemberitaan media. Teori ini berasumsi bahwa semakin tinggi tingkat keterpercayaan yang dimiliki audiens, maka semakin kredibel pula media tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menggunakan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Metodologi ini dipilih untuk mendapatkan gambaran lebih jelas secara deskriptif tentang fokus permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas yang dimiliki acara Buka Mata dipersepsi secara positif dan seimbang oleh mahasiswa atau informan, dengan meninjau beberapa aspek yaitu aktualitas, akurasi, dan kejujuran. Secara garis besar, acara Buka Mata Narasi TV memiliki tingkat kredibilitas tinggi karena berhasil mengikuti kecepatan tren isu di lingkungan masyarakat sehingga melahirkan tayangan berita aktual. Selanjutnya, acara Buka Mata juga menunjukkan akurasi judul dan isi tayangan, dan akurasi fakta yang positif. Kejujuran acara Buka Mata juga dinilai baik meskipun terdapat beberapa tanggapan bahwa Buka Mata belum sepenuhnya menyajikan fakta mendetail dan isu hangat yang benar menjadi suatu persoalan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas; YouTube; Tayangan; Media Digital
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Public Performances > Television Show
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Dinda Aulia Ramadhanty
Date Deposited: 28 Sep 2022 03:29
Last Modified: 28 Sep 2022 03:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58327

Actions (login required)

View Item View Item