Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pai : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas ix di smpn 54 Bandung

Hafidzh, Faiq Akmaluddin (2022) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe pair check dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran pai : Penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas ix di smpn 54 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada pada kelas 9 SMPN 54 Bandung mengenai proses pembelajaran, ditemukan bahwa guru yang mengajar telah menggunakan model seperti ceramah diskusi, tanya dan belum menerapkan model kooperatif tipe pair check. Dilihat dari hasil belajar siswa sebanyak 13 siswa dari 33 siswa masih belum mencapai KKM , ini menunjukan bahwa daya serap yang dimiliki siswa masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang optimal. Dengan ini peneliti ingin menguji cobakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah Untuk : 1) mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran PAI; 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas 9 setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini didasarkan atas sebuah teori yang mengatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe pair check diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar melalui cooperative learning menimbulkan suasana yang baru dalam pembelajaran, mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif. mengembangkan kesadaran pada diri peserta didik terhadap permasalahan-permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitarya. melatih peserta didik dalam berkomunikasi seperti berani mengemukakan pendapat, berani dikritik, maupun menghargai pendapat orang lain. Langkah-langkah penelitian ini adalah : 1) Pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen. 2) Responden 2 kelas, 33 siswa kelas kesperiment dan 18 kelas Kontrol, siswa kelas 9 SMPN 54 Bandung. 3) Alat pengumpul data: observasi, wawancara, tes dan studi dokumentasi. 4) Analisis data penelitian kualitatif menggunakan pendekatan logika, analisis data kuantitatif menggunakan statistif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran PAI dengan materi iman kepada hari akhir pada kelas yang diberikan perlakuan (treatment) Secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan amat baik sesuai dengan tahapan tahapan yang direncanakan. Berdasarkan hasil observasi selama 2 pertemuan keterlaksanaan aktivitas guru berjumlah 91% termasuk kedalam kategori amat baik. 2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas 9 setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check pada mata pelajaran PAI Berdasarkan rata-rata indeks N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.96 atau 96,6% artinya mempunyai peningkatkan hasil belajar yang tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe pair check; Hasil belajar kognitif
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faiq Akmaluddin Hafidzh
Date Deposited: 28 Sep 2022 08:25
Last Modified: 28 Sep 2022 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58351

Actions (login required)

View Item View Item