Pratama, Aldian (2022) Pengaruh model pembelajaran Differentiated Science Inquiry berbantu Mind Mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (252kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Download (106kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan salah satu guru Biologi di SMA ditemukan bahwa soal-soal yang digunakan belum terdapat aspek keterampilan berpikir kritis sehingga penilaian keterampilan berpikir kritis siswa belum diperhatikan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran differentiated science inquiry berbantu mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan model differentiated science inquiry berbantu mind mapping diperoleh hasil keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata pretest 37,51 dan posttest sebesar 70,44. Sedangkan pada kelas yang tanpa menggunakan model differentiated science inquiry berbantu mind mapping diperoleh hasil keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata pretest 29,1 dan posttest sebesar 65,4. Kemudian hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.040. Dimana 0,040 < 0,05 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun hasil rata-rata respon siswa terhadap penggunaan model differentiated science inquiry berbantu mind mapping sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari model pembelajaran differentiated science inquiry berbantu mind mapping terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Differentiated Science Inquiry; Ekosistem; Mind Mapping. |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Aldian Pratama |
Date Deposited: | 30 Sep 2022 04:05 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58587 |
Actions (login required)
View Item |