Pesan dakwah dalam media sosial Instagram: Analisis isi pada akun Instagram @kalam.kehidupan

Putri, Ismi Suryana (2022) Pesan dakwah dalam media sosial Instagram: Analisis isi pada akun Instagram @kalam.kehidupan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial instagram merupakan teknologi yang maju pada masa kini yang dapat dimanfaatkan sebagai media berdakwah. Metode berdakwah melalui media instagram sangatlah tepat dan efektif dalam membantu menyampaikan pesan kebaikan. Salah satunya pada akun instagram @kalam.kehidupan. akun ini selalu memposting konten pesan dakwahnya mengenai permasalahan dalam kehidupan manusia yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis dengan tujuan untuk menyucikan setiap jiwa. Pesan dakwah ini dikemas dalam sebuah tulisan disertai gambar yang menarik, dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga penting untuk kaum mukallaf. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui desain dan karakteristik pesan dakwah dalam akun instagram @kalam.kehidupan. Dalam penelitian ini paradigma yang digunakan ialah paradigma interpretif. Metode yang digunakan ialah analisis isi (content analysis) kualitatif, dengan menggunakan teori agenda setting serta teori dakwah. Proses penelitian pada akun tersebut dengan menganalisis desain pesan dakwah melalui tema pesan dakwah dari akidah, syariah dan akhlak. Mengenai hal itu, mengamati sebuah pesan melalui 5 (lima) karakter pesan dakwah, lalu mempertimbangkan pengaruh like dan tanggapan terbanyak sehingga dapat menghasilkan kecenderungan pesan dakwah dalam akun instagram @kalam.kehidupan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada postingan @kalam.kehidupan yang dipilih oleh peneliti sejak tahun 2021-2022 ditemukan bahwa desain pesan dakwah penulis mengambil 3 (tiga) gambar dari setiap tema pesan dakwah, serta dapat ditemukan juga dari makna pesan tersebut lebih mengarah kepada tasawuf yaitu mengenai ketuhanan melalui urusan bathin dengan pembersihan hati. Sementara temuan pada 5 (lima) karakteristik pesan dakwah yaitu; mengandung unsur kebenaran, membawa pesan perdamaian, tidak bertentangan dengan nilai universal, memberi kemudahan bagi penerima dan mengapresiasi adanya perbedaan. Hal ini, dipertimbangkan melalui jumlah like dan isi tanggapan dari para followers akun tersebut. Setelah diamati, maka yang paling banyak tanggapan dari para followers akun ini ternyata lebih cenderung kepada karakter pesan yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai universal. Pemicu hal tersebut dikarenakan pesan yang disampaikan kepada para khalayak saat ini sedang dibutuhkan dalam kehidupannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pesan dakwah; media dakwah; analisis isi; media sosial; instagram.
Subjects: Causation
Humankind > Soul
Argument and Persuasion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ismi Suryana Putri
Date Deposited: 01 Oct 2022 07:29
Last Modified: 01 Oct 2022 07:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58622

Actions (login required)

View Item View Item