Historiografi buku pengantar sejarah Indonesia baru jilid 2: Sejarah pergerakan Nasional Indonesia dari kolonialisme sampai nasionalisme karya Sartono Kartodirdjo : Analisis corak dan metode penulisan

Juliyanti, Adela (2022) Historiografi buku pengantar sejarah Indonesia baru jilid 2: Sejarah pergerakan Nasional Indonesia dari kolonialisme sampai nasionalisme karya Sartono Kartodirdjo : Analisis corak dan metode penulisan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Historiografi Indonesia pada umumnya mengalami perkembangan. Mulai dari Historiografi Tradisional, Kolonial hingga Historiografi Modern. Namun penulisan sejarah pada masa Historiografi Tradisional dan Kolonial sudah tidak relevan lagi untuk masa sekarang. Unsur Neerlandosentris mulai dihapus pada masa Historiografi Modern, karena tidak sesuai dengan visi nasionalisme Indonesia saat ini. Karena pada masa itu Sejarah Indonesia dipandang sebagai bagian dari Sejarah Eropa atau Belanda dan seringkali dituliskan bangsa Indonesia ini berkonotasi negatif. Hingga mulai perlahan digantikan dengan corak Indonesiasentris dengan menjadikan bangsa Indonesia sebagai tokoh utama dalam penulisan sejarah. Sartono Kartodirdjo berhasil membuat karya mengenai sejarah nasional Indonesia. Dengan mencoba menghilangkan unsur Neerlandosentris pada sejarah nasional Indonesia kemudian beliau berhasil mengungkap orang Indonesia dan orang kecil sebagai peran utama dalam sejarah Indonesia seperti petani, buruh, pedagang dan lainnya. Bukunya yang berjudul “Pengantar Sejarah Indonesia Baru Jilid 2: Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dari Kolonialisme sampai Nasionalisme”. Disertai pendekatan yang berbeda dengan menggabungkan ilmu-ilmu sosial yang disebut dengan Pendekatan Multidimensional yang menjadi ciri khas historiografi dalam sejarah Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang penulisan, corak penulisan, dan metode penulisan buku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, dimana prosedurnya melalui empat tahapan yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik (verifikasi), interpretasi (penafsiran), dan historiografi (penulisan sejarah). Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Sartono Kartodirdjo membuat karya mengenai sejarah ini karena sebagai tanggung jawab beliau terhadap sejarawan akademis untuk membuat sejarah nasional Indonesia dengan pendekatan yang ia kembangkan dengan menjadikan bangsa Indonesia sebagai peran utama dalam sejarah. Corak dalam penulisan buku ini bersifat Indonesiasentrisme dan menggunakan konsep nasiosentris/lokalsentris. Metode yang digunakan menggunakan Pendekatan Multidimensional yang memakai ilmu bantu sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Historiografi; Sartono; Pergerakan Nasional
Subjects: The Book
History of Southeast Asia > History of Indonesia
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Adela Juliyanti Adel
Date Deposited: 01 Oct 2022 08:53
Last Modified: 01 Oct 2022 08:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58722

Actions (login required)

View Item View Item