Fadila, Nadia (2022) Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di kelas V SDIT Al-Mumtaz : Penelitian kualitatif di SDIT Al-Mumtaz Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Guru memiliki faktor penting dalam pembinaan dan kualitas dalam suatu proses yang disebut dengan pembelajaran. Maka dalam proses pembelajaran guru memiliki peran yang sangat penting bagi siswa untuk menentukan keberhasilan dari siswanya. Meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa merupakan salah satu peran guru sebagai pendidik. Dalam hal ini tidak jarang bagi guru mengalami hambatan-hambatan, sehingga guru harus berperan aktif dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa dengan tujuan agar peranan guru diterapkan secara maksimal kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa, untuk mengetahui aspek kecerdasan emosional dan spiritual apa saja yang ditingkatkan, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dugunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (conclusion drawing verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di kelas V SDIT Al-Mumtaz sudah cukup maksimal. Guru berperan sebagai seseorang yang mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, guru selalu melakukan awal pembelajaran yang baik, melakukan pembiasaan-pembiasaan yang bermanfaat, dan guru juga membiasakan berkomunikasi dengan siswa. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di kelas V SDIT Al-Mumtaz adalah peran guru, komunikasi antara guru dengan orang tua, dan lingkungan siswa. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah kurang maksimalnya kinerja guru di sekolah, orang tua, lingkungan, dan gadget (media sosial dan game).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru; Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence > Intelligence and Aptitudes Elementary Education Elementary Education > Other Studies for Elementary Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadia Fadila |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 01:59 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 01:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58791 |
Actions (login required)
View Item |