Pengaruh pembelajaran PAI melalui Quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung : Penelitian pada siswa kelas XII SMA Negeri 26 Kota Bandung

Ramadhanti, Chika Rizki (2023) Pengaruh pembelajaran PAI melalui Quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung : Penelitian pada siswa kelas XII SMA Negeri 26 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai degradasi moral yang salah satunya penyebabnya adalah rendahnya tingkat kecerdasan spiritual dan emosional dalam diri seseorang. Sehingga peningkatan kecerdasan spiritual dan emosional dapat dijadikan alternatif solusi bagi permasalahan tersebut. Dalam rangka membentuk karakter siswa khususnya dalam pembelajaran PAI, guru PAI Kelas XII di SMA Negeri 26 Bandung menggunakan quote sebagai media pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas pembelajaran PAI melalui Quote di SMA Negeri 26 Bandung, 2) Realitas Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik, dan 3) Sejauh mana pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa penyampaian quote dilakukan untuk memenuhi tahapan moral knowing dalam pembentukan karakter. Selanjutnya ESQ merupakan bagian dari tahapan moral feeling. Adapun dalam pembentukan karakter itu sendiri sebagaimana dikemukakan oleh Thomas Lickona bahwa karakter dapat terbentuk jika sudah melalui 3 tahapan, yaitu tahapan moral knowing, moral feeling, dan moral action. Artinya setiap tahapan akan saling memberikan pengaruh. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 65 siswa, yakni 20% dari jumlah populasi 323 siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan tahapan tabulasi data, uji prasyarat, uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pembelajaran PAI melalui quote berkategori tinggi, berdasarkan skor rata-rata 3,99 berada pada interval 3,5 – 4,5, 2) Tingkat ESQ berkategori tinggi, berdasarkan skor rata-rata 3,93 berada pada interval 3,5 – 4,5, 3) Pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung memberikan kontribusi sebesar 31, 2%. Adapun berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa t hitung 5,43 dan nilai t tabel 1,99 yang berarti bahwa H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI; Quote; Emotional Spiritual Quotient; ESQ
Subjects: Islam
Islam > Specific Moral Issues
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ramadhanti Chika Rizki
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:26
Last Modified: 12 Sep 2023 03:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58811

Actions (login required)

View Item View Item