Ramadhanti, Chika Rizki (2023) Pengaruh pembelajaran PAI melalui Quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung : Penelitian pada siswa kelas XII SMA Negeri 26 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai degradasi moral yang salah satunya penyebabnya adalah rendahnya tingkat kecerdasan spiritual dan emosional dalam diri seseorang. Sehingga peningkatan kecerdasan spiritual dan emosional dapat dijadikan alternatif solusi bagi permasalahan tersebut. Dalam rangka membentuk karakter siswa khususnya dalam pembelajaran PAI, guru PAI Kelas XII di SMA Negeri 26 Bandung menggunakan quote sebagai media pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Realitas pembelajaran PAI melalui Quote di SMA Negeri 26 Bandung, 2) Realitas Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik, dan 3) Sejauh mana pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa penyampaian quote dilakukan untuk memenuhi tahapan moral knowing dalam pembentukan karakter. Selanjutnya ESQ merupakan bagian dari tahapan moral feeling. Adapun dalam pembentukan karakter itu sendiri sebagaimana dikemukakan oleh Thomas Lickona bahwa karakter dapat terbentuk jika sudah melalui 3 tahapan, yaitu tahapan moral knowing, moral feeling, dan moral action. Artinya setiap tahapan akan saling memberikan pengaruh. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah 65 siswa, yakni 20% dari jumlah populasi 323 siswa kelas XII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan tahapan tabulasi data, uji prasyarat, uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas pembelajaran PAI melalui quote berkategori tinggi, berdasarkan skor rata-rata 3,99 berada pada interval 3,5 – 4,5, 2) Tingkat ESQ berkategori tinggi, berdasarkan skor rata-rata 3,93 berada pada interval 3,5 – 4,5, 3) Pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ) peserta didik di SMA Negeri 26 Bandung memberikan kontribusi sebesar 31, 2%. Adapun berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa t hitung 5,43 dan nilai t tabel 1,99 yang berarti bahwa H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh pembelajaran PAI melalui quote terhadap Emotional Spiritual Quotient (ESQ).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran PAI; Quote; Emotional Spiritual Quotient; ESQ |
Subjects: | Islam Islam > Specific Moral Issues |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ramadhanti Chika Rizki |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 03:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 03:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58811 |
Actions (login required)
View Item |