Penerapan media pembelajaran berbasis game edukasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bandung

Salsabila, Hanum (2022) Penerapan media pembelajaran berbasis game edukasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di SMP Negeri 17 Kota Bandung yaitu mengenai rendahnya motivasi belajar PAI siswa. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang dilakukan bersifat monoton sehingga siswa merasa bosan dan jenuh pada saat pembelajaran berlangsung. Maka dari itu, salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar PAI siswa yakni dengan menerapkan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui motivasi belajar PAI siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional; (2) mengetahui motivasi belajar PAI siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz; (3) mengetahui perbedaan antara motivasi belajar PAI siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz di kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bandung. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa motivasi belajar PAI siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai macam media pembelajaran yang digunakan oleh guru, salah satunya yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar PAI siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun analisis hipotesis pada penelitian ini menggunakan Independent Sampel t-Test, dengan jumlah sampel sebanyak 50 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar PAI siswa pada kelas kontrol yakni kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 52% sebanyak 13 siswa yang berada pada rentang 118–124; (2) motivasi belajar PAI siswa pada kelas eksperimen yakni kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 48% sebanyak 12 siswa yang berada pada interval 138-145; (3) terdapat perbedaan signifikan antara motivasi belajar PAI siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test yang ditunjukkan pada Sig. (2-tailed) = 0.000 < 0.05, maka dapat diambil simpulan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi Quizizz; Media Pembelajaran; Motivasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanum Salsabila
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:47
Last Modified: 03 Oct 2022 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58840

Actions (login required)

View Item View Item