Nurrahman, Muhammad Haidi (2022) Penerapan model pembelajaran JUCAMA (Pengajuan dan Pemecahan Masalah) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan disposisi matematis siswa :Penelitian kuasi eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 11 Banjarmmasin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (305kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematis dan disposisi matematis merupakan faktor penting yang harus dimiliki siswa dalam memahami matematika. Karena itu pembelajaran JUCAMA menjadi salah satu solusi mencapai hal tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (a). perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis antara model pembelajan JUCAMA dan konvensional, (b). sikap disposisi matematis setelah siswa memperoleh pembelajaran JUCAMA dan konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan The Nonequivalent Pretest-Postest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMPN 11 Banjarmasin. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Hasil penelitiannya yaitu: (a). Peningkatan pemahaman matematis siswa dengan pembelajaran JUCAMA lebih baik daripada pembelajaran konvensional terlihat di bagian peningkatan pre-test dan post-test kedua kelas tersebut, (b). Sikap disposisi matematis siswa baik yang mendapatkan model pembelajaran JUCAMA maupun konvensional menunjukan sikap positif. Hal ini dilihat oleh rata-rata skor sikap disposisi matematis siswa secara keseluruhan diatas skor netral, namun dari segi presentase sikap disposisi matematis siswa kelas pembelajaran JUCAMA lebih unggul dari kelas konvensional, Hal ini terlihat di skor rata-rata presentase kedua kelas. Implikasi penelitian ini yaitu pembelajaran JUCAMA dapat meningkatkan pemahaman matematis dan sikap disposisi matematis siswa sehingga dapat menyelesaikan permasalahan matematis serta dengan kombinasi pembelajaran JUCAMA memfasiliasi proses kontruksi siswa dalam memahami konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Kemampuan pemahaman matematis; sikap disposisi matematis; pembelajaran JUCAMA |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Mathematics > Research Methods of Mathematics Accounting > Education, Research of Accounting |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Haidi Nurrahman |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 04:41 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 04:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58901 |
Actions (login required)
View Item |