Pratiwi, Annisa Hardiani (2022) Penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (49kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran argument driven inquiry merupakan model pembelajaran yang mengedepankan argumentasi antara siswa di dalamnya, mendukung siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan memfasilitasi siswa dalam memahami konsep IPA dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model argument driven inquiry pada materi ekosistem, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran argument driven inquiry pada materi ekosistem, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model argument driven inquiry pada materi ekosistem. Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran argument driven inquiry pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental design, dengan one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pretest dan posttest, dan angket respon siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru diperoleh adalah 98% dengan kategori sangat baik, dan keterlaksanaan aktivitas siswa adalah 94% dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh nilai n-gain sebesar 0,65 dengan kategori sedang, dan siswa menunjukkan respon positif sebesar 80% termasuk dalam kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran argument driven inquiry dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Hasil Belajar; Model Pembelajaran ADI |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Annisa Hardiani Pratiwi |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 05:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 05:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/58947 |
Actions (login required)
View Item |