Pemberitaan kelangkaan minyak goreng : Analisis Framing model Robert M. Entman pada media online Radar Bandung edisi maret 2022

Rosdiyana, Resma (2022) Pemberitaan kelangkaan minyak goreng : Analisis Framing model Robert M. Entman pada media online Radar Bandung edisi maret 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy

Abstract

Minyak goreng yang merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia pada Desember 2021 mengalami kenaikan harga, hingga puncaknya pada Maret 2022 harga minyak goreng terus mengalamai kenaikan bahkan melebihi batas harga eceran tertinggi (HET). Tak hanya harga yang kian melambung tinggi, minyak goreng justru terjadi kelangkaan sehingga masyarakat susah untuk mendapatkan salah satu kebutuan pokok tersebut. Banyak media yang turut menyoroti fenomena tersebut, salah satunya media online Radar Bandung yang aktif dalam memberitakan isu mengenai kelangkaan minyak goreng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial yang dibangun oleh media online Radar Bandung dalam melakukan pembingkaian terkait persoalan kelangkaan minyak goreng. Kemudian untuk mengetahui pembingkaian yang dilakukan oleh Radar Bandung, maka dalam penelitian ini akan menggunakan perangkat analisis framing model Robert N. Entman yang terdiri dari empat elemen yakni Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation. Empat perangkat tersebut digunakan untuk membedah konstruksi dan realitas yang dibangun oleh Radar Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kritis, dengan menggunakan paradigma kontsruktivisme dan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif, dengan menggunakan metode penelitian analisis framing Robert N. Entman. Selanjutnya, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berasal dari berita-berita di media online Radar Bandung terkait pemberitaan kelangkaan minyak goreng, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan studi dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu sesuai dengan cara kerja analisis framing yakni observasi data, mengumpulkan data, menyajikan data, mengolah atau menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa analisis framing model Robert N. Entman terkait berita kelangkaan minyak goreng yang dilakukan pada media online Radar Bandung yaitu dalam pemberitaanya Radar Bandung lebih menonjolkan aspek terkait kegagalan pasar atau kegagalan ekonomi di Indonesia. Kegagalan ekonomi ini disebabkan karena adanya beberapa faktor, yaitu mulai dari adanya praktik kejahatan siber atau phising, adanya praktik penipuan dan penggelapan, adanya suatu tindakan mafia minyak goreng, adanya ketidakpastian situasi dunia, dan juga adanya unsur kegagalan pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kelangkaan Minyak Goreng; Analisis Framing; Robert N. Entman
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Resma Rosdiyana
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:02
Last Modified: 04 Oct 2022 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/58990

Actions (login required)

View Item View Item