Wiguna, Adam Fadhillah (2022) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC): Penelitian di kelas VIII SMP Negeri 1 Ciawi Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (367kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Ciawi Bogor bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih kurang dan perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model pembelajaran tipe CIRC dengan model pembelajaran ekspositori, (b) perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) siswa, (c) respons siswa terhadap pembelajaran matematika setelah mengikuti model pembelajaran tipe CIRC. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ciawi Bogor menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII-F dan VIII-I tahun ajaran 2021/2022 dengan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (a) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara model pembelajaran tipe CIRC dan model pembelajaran ekspositori dimana pembelajaran CIRC lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. (b) terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan tingkat PAM siswa dimana pembelajaran CIRC lebih baik daripada pembelajaran ekspositori (c) respons siswa terhadap pembelajaran matematika setelah mengikuti model pembelajaran tipe CIRC ini adalah positif. Dengan demikian, model pembelajaran tipe CIRC efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menuju arah yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CIRC;Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis;Respons Siswa |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Adam Fadhillah Wiguna |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 04 Oct 2022 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59017 |
Actions (login required)
View Item |