Penerapan strategi inside and outside circle untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullah ke Thaif:Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV MI Putrajawa Kabupaten Garut

Dewi, Irawati (2017) Penerapan strategi inside and outside circle untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullah ke Thaif:Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV MI Putrajawa Kabupaten Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa pemahaman siswa kelas IV MI Putrajawa Kabupaten Garut pada mata pelajaran SKI masih rendah, yaitu nilai rata-ratanya hanya 65, padahal KKM untuk mata pelajaran ini sebesar 70. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurang tepatnya penggunaan strategi pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi kurang menarik dan siswa sulit untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullah ke Thaif sebelum menggunakan strategi inside and outside circle; (2) Proses pembelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullah ke Thaif dengan menggunakan strategi inside and outside circle pada setiap siklus; dan (3) Pemahaman siswa kelas IV MI Putrajawa Kabupaten Garut pada mata pelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullah ke Thaif setelah menggunakan strategi inside and outside circle pada setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa pemahaman siswa dapat meningkat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran yang dianggap tepat dalam penelitian ini adalah inside and outside circle. Berdasarkan asumsi teori tersebut diajukan hipotesis bahwa penerapan strategi inside and outside circle diduga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullahh ke Thaif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui tahapan-tahapan empat alur siklus berulang yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta instrumen tes. Responden atau subjek penelitian ini sebanyak 31 orang. Hasil analisis data mendapatkan kesimpulan bahwa pemahaman siswa kelas IV MI Putrajawa Kabupaten Garut pada mata pelajaran SKI sebelum menggunakan strategi inside and outside circle nilai rata-ratanya sebesar 65, dengan kategori cukup. Proses pembelajaran dengan menggunakan strategi inside and outside circle berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi aktivitas guru selalu meningkat pada setiap siklusnya, yaitu pada siklus I 78, 94% dengan kategori baik, dan siklus II menjadi 97, 36% dengan kategori sangat baik. Demikian pula halnya observasi aktivitas siswa pada siklus I 78, 12% dengan kategori baik, dan siklus II 96, 87% dengan kategori sangat baik. Adapun pemahaman siswa kelas IV MI Putrajawa Kabupaten Garut pada mata pelajaran SKI materi pokok hijrah Rasulullah ke Thaif setelah menggunakan strategi inside and outside circle mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I 71, 9 dan siklus II menjadi 81, 03. Sedangkan ketuntasan belajar klasikalnya pada siklus I 63,30% dengan kategori sedang, meningkat menjadi 76% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi inside and outside circle; pemahaman siswa
Subjects: Education
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irawati Dewi
Date Deposited: 31 Jan 2018 02:43
Last Modified: 31 Jan 2018 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/5904

Actions (login required)

View Item View Item