Rahayu, Fitria Nur (2022) Penerapan model Generative Learning berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi momentum, impuls dan tumbukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui kelayakan multimedia interaktif, (2) mengetahui keterlaksanaan pembelajaran model generative learning berbantuan Multimedia Interaktif dan (3) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif antara kelas yang menerapkan model generative learning berbantuan multimedia interaktif dan kelas yang menerapkan direct instruction dengan metode ceramah dan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Ciparay dengan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan X-6 sebagai kelas eksperimen dan jumlah masing masing sampel sebanyak 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Multimedia interaktif layak digunakan untuk pembelajaran dengan skor 4,50 yang berkaegori sangat layak. (2) Keterlaksanaan pembelajaran kelas eksperimen memperoleh rata rata 95% yang berkategori sangat baik, sedangkan kelas kontrol sebesar 91% yang berkategori sangat baik. (3) Peningkatan hasil belajar kognitif kelas eksperimen memperoleh nilai N-gain sebesar 0,76 yang berkategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,61 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t_hitung (6,27)>t_tabel(2,01), artinya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik antara kelas yang diterapkan model generative learning berbantuan multimedia interaktif dan kelas yang diterapkan pembelajaran direct instruction.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generative Learning; multimedia interaktif; hasil belajar kognitif; momentum dan impuls |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Fitria Nur Rahayu |
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:27 |
Last Modified: | 07 Oct 2022 02:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59384 |
Actions (login required)
View Item |