Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem reproduksi

Faujiah, Desti Firda (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya respon siswa pada saat pembelajaran menjadikan proses pembelajaran terlihat pasif sehingga siswa kurang berani dalam menyampaikan pendapatnya. Dengan demikian komunikasi siswa masih perlu di tingkatkan baik komunikasi tulisan ataupun lisan agar siswa dapat mengolah dan menyajkan informasi dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran The Power Of Two (kekuatan berdua) terhadap keterampilan komunikasi siswa pada materi sistem reproduksi. Jenis penelitian yangcdigunakan pada penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen (Quasi-Experiment Research) dengan menggunakan desain pretest-posttest control group. Teknik pengambilan datavuntuk keterampilan komunikasi tertulis menggunakan tes obyektif dan pengambilan data keterampilan komunikasi lisan melalui lembar observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik, demikian juga respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh rata-rata 72,92 dengan kategori baik. Keterampilan komunikasi lisan kelas eksperimen sebesar 62,66 dengan kategori baik dan kela kontrol sebesar 48,3 dengan kategori cukup. Hasil uji uji Mann-Whitney dengan nilai Asymp.Sig (2-talled) sebesar 0.000 < 0,05 menunjukan bahwa model pembelajaran The Power Of Two berpengaruh positif terhadap keterampilan komunikasi tulisan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan komunikasi; model pembelajaran kooperatif tipe the power of two; sistem reproduksi manusia
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Depositing User: Desti Firda Faujiah
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:46
Last Modified: 10 Oct 2022 04:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59442

Actions (login required)

View Item View Item