Aktivitas Online Public Relations melalui pengelolaan konten Instagram : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @ebrightskin

Risanti, Risanti (2022) Aktivitas Online Public Relations melalui pengelolaan konten Instagram : Studi deskriptif kualitatif pada akun Instagram @ebrightskin. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas Online Public Relations saat ini banyak dimanfaatkan oleh instansi perusahaan untuk membagikan informasi dan membangun citra positif dimata publik. Aktivitas ini mendukung praktisi Public Relations untuk menjalankan strategi komunikasi secara lebih efisien dan kreatif. Instagram menjadi salah satu alat atau media yang potensial untuk menjalankan aktivitas online Public Relations. Perusahaan eBright Skin turut menjalankan aktivitas online Public Relations dengan melakukan pengelolaan akun instagram dengan menghadirkan konten-konten yang relevan dengan audiens, hal ini dilakukan agar perusahan bisa memberikan berbagai informasi, menjalin hubungan baik, dan meraih kepercayaan publik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana aktivitas online Public Relations dalam pengelolaan konten yang dilakukan oleh @ebrightskin melalui tahapan-tahapannya meliputi tahapan membagikan (share), mengoptimalkan (optimize), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of Some sebagai bahan acuan dalam penelitian karena relevan dengan strategi yang dilakukan oleh pengelola akun instagram @ebrightskin yang diteliti. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif kualitatif sebagai metode. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas pengelolaan konten yang dijalankan oleh pengelola akun instagram @ebrightskin terdapat empat tahapan. Empat tahapan tersebut meliputi (1) membagikan (share) yang berkaitan dengan bagaimana eBright Skin melakukan aktivasi untuk terkoneksi dan meraih kepercayaan publik. (2) mengoptimalkan (optimize) pesan dengan melakukan media screening dan menjadi bagian dari percakapan publik secara langsung. (3) mengelola (manage) informasi dengan melakukan Media monitoring atau evaluasi dan melakukan interaksi secara langsung. (4) melibatkan (engage) publik dengan melakukan targeting audience dan bekerja sama dengan pihak ketiga. Berdasarkan penelitian, dapat dikatakan bahwa eBright Skin telah melakukan aktivitas online Public Relations melalui pengelolaan konten pada akun instagram @ebrightskin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Online Public Relations; The Circular Model of Some; Konten Instagram.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Riqqah Nur Widhah
Date Deposited: 11 Oct 2022 01:12
Last Modified: 11 Oct 2022 01:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59487

Actions (login required)

View Item View Item