Penyajian berita dalam menarik minat pembaca pada akun instagram Media Daring (Online) Radar Bandung

Wibowo, Nopriyanto Duwi (2022) Penyajian berita dalam menarik minat pembaca pada akun instagram Media Daring (Online) Radar Bandung. Sarjana thesis, UIIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Objek utama penelitian ini adalah Instagram milik Radar Bandung yakni radarbandung.id. Lewat media sosialnya, terutama Instagram, akan diteliti bagaimana Radar Bandung membuat konten berita yang mampu menjaring minat khalayak. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan bagaimana Radar Bandung menyajikan isi, layout, bahasa, dan bentuk berita yang menarik dalam pemberitaannya di Instagram. Penelitian ini juga menghubungkan bagaimana penggunaan teknik- teknik tersebut berhubungan dengan kenaikan pengikut dan pembaca yang signifikan lewat Instagram radarbandung.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan konstruktivis dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pencarian data observasi dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati pergerakan akun Instagram radarbandung.id, termasuk apa saja yang diposting, seperti apa bentuk kontennya, dan metode diversifikasi konten apa saja yang diterapkan untuk menjaring pembaca. Metode kedua adalah wawancara. Hal ini dilakukan untuk meminta keterangandari pihak redaksi langsung terkait konten yang sudah diunggah dan bagaimana kebijakan redaksional Radar Bandung dalam mengelola sosial media, dalam hal ini adalah Instagram. Hasil dari penelitian ini Radar Bandung berfokus pada tiga berita yakni hardnews, infotainmet, dan citizen journalism. Dalam penyajian layout Radar Bandung menggunakan tamplate dalam setiap unggahannya, tamplate berwarna biru biru muda digunakan untuk unggahan foto dan tamplate berwarna biru tua digunakan untuk unggahan video. Instagram Radar Bandung memiliki beragam gaya bahasa pada penulisan judul dan caption di Instagramnya, pada judul berita hardnews menggunakan kaidah bahasa jurnalistik, namun menggunakan gaya bahasa populer pada judul berita infotaintment. Dalam penyajian bentuk berita, Radar Bandung melakukan diversifikasi konten mulai dari infografis, foto esai, cek fakta, penggalan dana, hingga media partner. Hal ini dilakukan untuk menjaga konten-konten di Instagram Radar Bandung tetap segar san bisa menjadi selingan diantara konten hardnews dan infotainment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Online; Penyajian Berita; Instagram
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nopriyanto Duwi Wibowo
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:44
Last Modified: 11 Oct 2022 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59529

Actions (login required)

View Item View Item