Fitri, Diana (2022) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Predict Observe Explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh pemikiran tentang pentingnya pengembangan lembar kegiatan alternatif bagi siswa dalam mata pelajaran IPA di SMP. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pencemaran lingkungan. LKS dibuat dengan metode research and development (R&D) dan model desain ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu format uji kelayakan, soal tes dan angket respon. Format LKS yang dihasilkan divalidasi, hasil uji validasi empat ahli terhadap format LKS berbasis POE dinyatakan memenuhi syarat (valid), dengan nilai rata-rata rhitung sebesar 0,97 dan hasil validasi uji keterbacaan diperoleh rata-rata 0,98 sehingga LKS berbasis POE berada pada kualifikasi layak dan produk siap dimanfaatkan di lapangan. Secara statistik, rata-rata hasil pretest adalah 30,65 sedangkan rata-rata untuk hasil posttest adalah 79,03 selisih dari pretest dan posttest sebesar 48,38 kemudian dilihat dari kriteria N-gain dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,7 maka hasil belajar siswa berada pada tingkat tinggi. Berdasarkan analisis uji t-berpasangan nilai t hitung 23,72 > t tabel 2,04 →H0 ditolak dengan ∞5%, terdapat peningkatan hasil belajar siswa sesudah menggunakan LKS berbasis POE. Sebagian besar siswa menunjukkan respon yang sangat baik terhadap penggunaan LKS berbasis POE dengan rata-rata 3,60 dan persentase 89,96% artinya siswa merasa senang mengikuti pembelajaran menggunakan LKS berbasis POE dan respon positif tersebut dapat menunjang tercapainya hasil belajar yang optimal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan;LKS;POE;Pencemaran;Lingkungan |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Diana Fitri |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 07:13 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 07:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59606 |
Actions (login required)
View Item |