Ruswana, Nenda (2022) Pengembangan bahan ajar berbasis keislaman dan contextual teaching and learning pada materi klasifikasi makhluk hidup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (791kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar cetak atau buku sumber belajar yang mengkaitkan materii klasifikasi makhluk hidup dengan konsep keislaman dan konsep kontekstual dengan lingkungan sekitar, maka dikembangkan bahan ajar berbasis Berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada matei klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan penyusunan bahan ajar Berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi klasifikasi makhluk hidup, mendeskripsikan hasil uji validasi bahan ajar berbasis Berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar Berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development yang meliputi tahap define, design, dan develop, instrumen penelitian yang digunakan yaitu bahan berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL), angket validasi bahan ajar,angket Uji Keterbacaan bahan ajar dan angket respon peserta didik terhadap bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar Berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan dikategorikan valid dengan penilaian 2 dosen ahli dan 1 praktisi guru mata pelajaran Biologi dengan rata-rata nilai 82,06%. Uji keterbacaan peserta didik mendapat nilai rata-rata sebesar 88% serta angket respon peserta didik terhadap bahan ajar yang dilakukan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap bahan ajar memiliki nilai 81,3% dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi klasifikasi makhluk hidup dikatakanvalid sehingga layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Bahan; Ajar; Keislaman; Klasifikasi; Makhluk; Hidup |
Subjects: | Biology > Data Processing and Analysis of Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Biology > Statistical Methods of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Nenda Ruswana |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:18 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59666 |
Actions (login required)
View Item |