Taufiqurrohman, Moch (2017) Strategi Customer Relations dalam Menangani Keluhan Pelanggan :Studi Kasus pada Humas Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Cimahi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (713kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
Abstract
Customer Relations merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk membina hubungan baik dengan pelanggan, untuk mencapai keinginan dan harapan pelanggan terhadap pelayanan jasa kesehatan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Cimahi merupakan salah satu perusahaan yang telah menggunakan kegiatan customer relations guna meningkatkan citra positif baik di mata publik. Tujuan penelitian ini adalah didasarkan pada asumsi sebuah konsep four step public relations. Yaitu manajemen yang identik digunakan untuk humas di dalamnya terdiri atas fact finding (mengumpulkan data), planning (perencanaan), communicating (berkomunikasi), dan evaluating (pengawasan). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, merupakan strategi yang lebih cocok bila pokok pertanyaan suatu penelitian berkenaan dengan how dan why selain itu penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam membina hubungan baik dengan pelanggan di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Cimahi adalah merupakan tanggung jawab dari semua bagian perusahaan. Strategi yang digunakan untuk menangani keluhan pelanggan sehingga tercipta hubungan yang harmonis, program pertama yaitu fact finding mengidentifikasi faktor-faktor eksternal, tahap selanjutnya planning untuk pembuatan program, tahap selanjutnya communicating yaitu dengan menggunakan face to face, email dan kotak saran, dan tahap terakhir yaitu evaluating digunakan untuk mengetahui sejauhmana strategi yang digunakan berjalan atau tidak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi ; Customer Relations ; Pelanggan |
Subjects: | General Management General Management > Planning and Strategic Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Moch Taufiqurrohman |
Date Deposited: | 01 Feb 2018 06:02 |
Last Modified: | 01 Feb 2018 06:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/5971 |
Actions (login required)
View Item |