Strategi Humas BNNK Kuningan dalam mensosialisasikan program P4GN sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Bersinar (Bersih Narkoba)

Sari, Vivit Permata (2022) Strategi Humas BNNK Kuningan dalam mensosialisasikan program P4GN sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Bersinar (Bersih Narkoba). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : BNNK Kuningan merupakan suatu lembaga non pemerintah yang menyelenggarakan fungsi pemerintahan di bidang pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Kuningan. BNNK Kuningan memiliki tanggung jawab untuk menekan angka penyebaran dan penyalahgunaan narkotika agar tidak semakin bertambah dengan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bahaya dan dampak negatif dari penggunaan narkoba melalui program P4GN. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas BNNK Kuningan dalam mensosialisasikan program P4GN. Penelitian ini membahas mengenai sosialisasi program P4GN yang berkaitan dengan pencarian fakta/data, perencanaan, aksi dan komunikasi, serta evaluasi. Penelitian ini menggunakan konsep four step public relations yang dikemukakan oleh Cutlip, Center, dan Broom. Konsep tersebut dipilih karena merupakan bagian dari konsep yang digunakan oleh humas untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan suatu kegiatan yang sedang berlangsung. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dengan pendekatan interpretatif serta menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode deskkriptif kualitatif digunakan oleh peneliti bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam mengenai proses strategi humas dalam mensosialisasikan program yang dilaksanakan oleh BNNK Kuningan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada sosialisasi program P4GN yang dilakukan oleh BNNK Kuningan selaras dengan konsep four step public relations 1) Tahap pencarian fakta/data menggunakan survei 2) Tahap perencanaan dengan menetapkan tujuan, menetapkan sasaran, menetapkan pesan, serta menetapkan tempat dan waktu 3) Tahap Aksi dan Komunikasi dengan menetapkan pelaksana serta media yang digunakan untuk sosialisasi 4) Tahap evaluasi dengan monitoring evaluasi serta mengukur keberhasilan sosialisasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa adanya sosialisasi program P4GN yang dilaksanakan oleh humas BNNK Kuningan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika, sehingga semakin banyak yang memahami, penyalahgunaan narkotika akan semakin berkurang dan upaya mewujudkan kuningan menjadi kabupaten yang bersih dari narkoba akan tercapai. ENGLISH : BNNK Kuningan is a non-governmental institution that carries out government functions in the field of prevention, eradication of abuse and illicit drug trafficking in the Kuningan Regency area. The National Narcotics Agency of Kuningan Regency has the responsibility to reduce the number of distribution and abuse of narcotics so that it does not increase by increasing public understanding of the dangers and negative impacts of drug use through the P4GN program. The purpose of this study was to determine the PR strategy of BNNK Kuningan in disseminating the P4GN program. This study discusses the socialization of the P4GN program related to fact/data finding, planning, action and communication, and evaluation. This study uses the four-step public relations concept proposed by Cutlip, Center, and Broom. The concept was chosen because it is part of the concept used by public relations to solve problems related to an ongoing activity. The paradigm used in this study is constructivism with an interpretive approach and using qualitative descriptive research methods. The qualitative descriptive method used by the researcher aims to explain in depth the process of public relations strategy in disseminating the program implemented by BNNK Kuningan. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The results of research on the socialization of the P4GN program carried out by BNNK Kuningan are in line with the four-step public relations concept 1) Fact/data finding stage using surveys 2) Planning stage by setting goals, setting goals, setting messages, and setting a place and time 3) Action stage and Communication by determining the implementer and the media used for socialization 4) Evaluation stage by monitoring evaluation and measuring the success of socialization. his study shows that the socialization of the P4GN program carried out by the Public Relations of BNNK Kuningan can increase public knowledge about the dangers of narcotics abuse, so that more and more people understand, narcotics abuse will decrease and efforts to make Kuningan a drug-free district will be achieved.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas; Sosialisasi; Program P4GN Public Relations Strategy; Socialization; P4GN Program
Subjects: Public Worship and Other Practices
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Vivit Permata Sari
Date Deposited: 13 Oct 2022 00:59
Last Modified: 13 Oct 2022 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/59847

Actions (login required)

View Item View Item