Respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply hubungannya dengan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VIII SMPN 1 Cilamaya Kulon

Tafrihuddin, Muhammad (2022) Respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply hubungannya dengan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian di kelas VIII SMPN 1 Cilamaya Kulon. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Berdasarkan fenomena yang terjadi di SMPN 1 Cilamaya Kulon pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini, disebabkan oleh pandemi Corona Virus Diseases-19 (COVID-19) yang menyebabkan seluruh proses belajar mengajar dialihkan secara daring. Namun pada pelaksanaan pembelajaran daring ini masih terdapat siswa yang kurang siap dalam menyesuaikan pembelajaran daring sehingga berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) hubungan respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply dengan motivasi belajar siswa, 2) hubungan respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply dengan hasil belajar siswa, dan 3) hubungan respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply dengan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas VIII SMPN 1 Cilamaya Kulon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Kemudian untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif parsial dan analisis korelasi dengan menggunakan aplikasi statistika SPSS versi 26. Hasil penelitian ini adalah: 1) respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply mempunyai korelasi yang dikategorikan sedang terhadap motivasi belajar ; 2) respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply mempunyai korelasi yang dikategorikan sedang terhadap hasil belajar; 3) respon siswa terhadap pembelajaran daring menggunakan Whatsapp Auto Reply mempunyai korelasi yang dikategorikan sedang terhadap motivasi dan hasil belajar. Dengan demikian hipotesis tidak diterima, KD= 45%, 55% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor psikologis, fisiologis, metode pembelajaran dan lingkungan siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti merekomendasikan kepada pihak sekolah untuk menggunakan Whatsapp Auto Reply dengan syarat harus ada inovasi dan kreasi seperti yang dijabarkan pada tesis ini, mengingat hubungannya dikategorikan sedang terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. ENGLISH : Based on the phenomenon that occurred at SMPN 1 Cilamaya Kulon, learning was carried out online. This is due to the Corona Virus Diseases-19 (COVID-19) pandemic which has caused the entire teaching and learning process to be transferred online. However, in the implementation of online learning, there are still students who are not ready to adapt online learning so that it has an impact on student motivation and learning outcomes. The purpose of this study is to describe: 1) the relationship between student responses to online learning through Whatsapp Auto Reply and student learning motivation, 2) the relationship between student responses to online learning through Whatsapp Auto Reply and student learning outcomes, and 3) the relationship between student responses to learning online via Whatsapp Auto Reply with motivation and student learning outcomes in PAI subjects in Class VIII SMPN 1 Cilamaya Kulon. This study uses a quantitative approach. The method used in this research is descriptive correlational method. The sample in this study amounted to 30 students, data collection techniques used questionnaires, tests, in-depth interviews, and documentation studies. Then for data analysis using partial descriptive analysis and correlation analysis using the SPSS version 26 statistic application. The results of this study are: 1) student responses to online learning using Whatsapp Auto Reply have a moderately categorized correlation to learning motivation; 2) student responses to online learning using Whatsapp Auto Reply have a moderate correlation with learning outcomes; 3) student responses to online learning using Whatsapp Auto Reply have a moderately categorized correlation to motivation and learning outcomes. Thus the hypothesis is not accepted, KD = 45%, the remaining 55% is influenced by other factors such as psychological, physiological, learning methods and students' environment. Based on the results of the research above, the researcher recommends the school to use Whatsapp Auto Reply on the condition that there must be innovation and creation as described in this thesis, considering that the relationship is categorized as moderate on student motivation and learning outcomes.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Whatsapp Auto Reply; Motivasi Belajar; Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risal Qori Amarullah
Date Deposited: 24 Oct 2022 06:26
Last Modified: 24 Oct 2022 06:26
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60214

Actions (login required)

View Item View Item