Manajemen krisis Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di masa pandemi covid-19

Anggara, Ari Panca (2022) Manajemen krisis Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) di masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy

Abstract

Coronavirus Diseases (COVID-19) yang melanda dunia telah merenggut banyak korban jiwa sehingga WHO menetapkan Virus COVID-19 sebagai pandemi. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai penyedia jasa layanan kereta api di Indonesia terkena dampak akibat dari adanya pandemi COVID-19. Banyaknya pemberitaan negatif tentang perusahaan yang mengalami kerugian selama pandemi COVID-19 sehingga perusahaan berada dalam kondisi krisis. Unit Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan manajemen krisis untuk mengendalikan krisis yang terjadi di masa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola manajemen krisis yang dilakukan oleh Unit Public Relations (USP) PT. Kereta Api Indonesia (Persero) mulai dari proses identifikasi, tahap isolasi hingga tahap pemulihan. Konsep yang digunakan merupakan konsep manajemen krisis yang dikemukakan oleh Firsan Nova yang menyatakan bahwa manajemen krisis merupakan upaya penanganan suatu kendala yang terdiri dari beberapa tahapan seperti tahap identifikasi krisis, isolasi krisis, dan tahap pemulihan. Penelitian ini paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan ialah deskriptif kualiatif dengan data primer dan sekunder melalui teknik pengumpulan data, yaitu wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil yang dari penelitian ini adalah manajemen krisis yang dilakukan oleh Unit Public Relations (USP) PT. Kereta Api Indonesia (Persero) melalui beberapa tahapan, yaitu : (1) Proses identifikasi krisis yang dilakukan melalui observasi dan pengumpulan data serta analisis data. (2) proses isolasi krisis yang dilakukan yaitu mempersiapkan SDM dan koordinasi dengan seluruh unit. (3) proses pemulihan pasca krisis yang dilakukan yaitu melakukan sinergi dengan program pemerintah, publikasi dan promosi serta evaluasi pengendalian krisis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Krisis; Public Relations; PT. Kereta Api Indonesia (Persero)
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ari Panca Anggara
Date Deposited: 02 Nov 2022 08:10
Last Modified: 02 Nov 2022 08:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60344

Actions (login required)

View Item View Item