Hubungan Antara Husnudzon dengan Kecemasan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung)

Nurfarijah, Desri (2022) Hubungan Antara Husnudzon dengan Kecemasan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
3_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena lapangan pekerjaan yang semakin sempit, tingkat pengangguran yang cukup tinggi, dan persaingan yang sangat ketat dalam menghadapi dunia kerja. Hal ini mengakibatkan mahasiswa tingkat akhir mengalami kecemasan terhadap karirnya di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan karir mahasiswa tingkat akhir, gambaran tingkat husnudzon serta hubungan antara kedua variabel tersebut pada mahasiswa angkatan 2018 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Salih Yucel mengartikan bahwa husnudzon sebagai landasan pokok berfikir positif dalam Islam dan memberikan pengaruh terhadap perilaku yang positif pula. Sehingga husnudzon ini dapat merubah cara pandang seseorang dalam memaknai terhadap apa yang terjadi pada kehidupannya. Adapun Calhoum dan Accocella mengartikan kecemasan karir merupakan suatu keadaan atau perasaan tidak nyaman seperti khawatir, gelisah maupun takut yang dirasakan terkait dengan kemampuan dirinya sehingga membuat seseorang berfikiran buruk dan kegagalan yang akan terjadi terhadap karirnya di masa yang akan datang. Akibatnya menimbulkan gejala-gejala baik dalam fisik maupun emosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membagikan kuesioner dalam skala likert dengan jumlah sampel 60 responden. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan teknik analisis korelasi produk moment. Kemudian aplikasi pengolahan statistik dengan program SPPS 25.0 for windows digunakan untuk membantu menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecemasan karir mahasiswa tingkat akhir di kalangan mahasiswa angkatan 2018 Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berada pada kategori sedang sebesar 78,3% dan tingkat husnudzon berada pada kategori tinggi sebesar 96,7%. Kemudian hasil hubungan kedua variabel sebesar 24% dan sisanya 76% dipengaruhi variabel lain. Kemudian hasil uji korelasional menunjukkan terdapat korelasi sedang dan hubungan bernilai negatif antara husnudzon dengan kecemasan karir mahasiswa tingkat akhir dengan nilai coefficient correlation -0,490 dan signifikansi (P) sebanyak 0,000, yang artinya P<0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa〖 H〗_0 ditolak dan H_a diterima, bahwa terdapat hubungan negatif antara husnudzon dengan kecemasan karir mahasiswa tingkat akhir. Artinya semakin tinggi tingkat husnudzon pada diri mahasiswa maka kecemasan karir akan menurun, dan begitu pula sebaliknya apabila tingkat husnudzon rendah maka kecemasan karir akan meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Husnudzon; Kecemasan Karir; Mahasiswa Tingkat Akhir
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Islam > Specific Moral Issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Desri Nurfarijah
Date Deposited: 04 Nov 2022 10:50
Last Modified: 04 Nov 2022 10:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60419

Actions (login required)

View Item View Item