Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Multipel Representasi pada materi Larutan Asam Basa

Amiruddin, Mahdiyina (2022) Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Multipel Representasi pada materi Larutan Asam Basa. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan di era globalisasi saat ini wajib memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi secara optimal dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujun untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi pada materi larutan asam basa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model Four-D (4-D). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan yang diadaptasi dari model Thiagarajan. Instrumen yang digunakan terdiri atas analisis konsep, peta konsep, flowchart, storyboard, dan instrumen validasi media dan instrumen uji coba media. Multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan terdiri dari tampilan awal, menu utama, petunjuk penggunan, pendahuluan, kompetensi, uraian materi, simulasi, evaluasi serta dilengkapi oleh gambar dan video. Multimedia pembelajaran interaktif dapat dijalankan pada perangkat android. Konsep asam dan basa salah satu konsep yang mengandung tiga multipel representasi. Multimedia pembelajaran interaktif yang dibuat divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan dilakukan uji coba terbatas terhadap 10 siswa SMA kelas XI IPA. Hasil uji validasi mendapat nilai yang baik, dengan persentase rata-rata 90,13% dan hasil uji coba terbatas mendapat nilai yang baik dengan persentase rata-rata 92,36 %. Sehingga multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi pada materi larutan asam basa layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif; multipel representasi; asam dan basa
Subjects: Special Computer Methods > Multimedia Systems
Education
Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Amiruddin Mahdiyina Erwinsyah
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:08
Last Modified: 11 Jan 2023 01:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60537

Actions (login required)

View Item View Item