Implementasi pendayagunaan dana wakaf melalui program tebar Al-Qur’an & pelosok negeri untuk generasi penghafal Al-Qur’an : Studi deskriptif di lembaga Amil Zakat dompet amal pecinta Al-Qur’an Kab. Bandung

Sa'id, Ahmad (2022) Implementasi pendayagunaan dana wakaf melalui program tebar Al-Qur’an & pelosok negeri untuk generasi penghafal Al-Qur’an : Studi deskriptif di lembaga Amil Zakat dompet amal pecinta Al-Qur’an Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak (1).pdf

Download (249kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4 (1).pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB IV)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga amil zakat dompet amal pecinta Al-Qur’an memiliki program pendayagunaan dana wakaf yang terus meningkat. Memiliki rancangan dalam pendayagunaan wakaf Qur’an untuk menambahnya generasi penghafal Al-Qur’an dan memberantas buta huruf Qur’an yang ada di Indonesia. Namun dalam peningkatan sebuah pelayanan harus ada konsep dalam kegiatan tersebut agar jelas dalam proses kegiatannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara pendayagunaan dana wakaf Qur’an untuk mauquf ilaihi yang berada di pelosok untuk menjadi generasi penghafal Al-Qur’an. Berbagai macam teori dalam penelitian ini ialah teori implementasi pendayagunaan mengenai proses dan evaluasi pendayagunaan wakaf. Selain itu, ada juga teori yang terkait dengan wakaf ditunjang oleh dasar hukum Al-Qur’an dan hadist. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena metode ini mampu mengungkapkan dan menganalisis fenomena yang terjadi di lapangan, dengan jenis data yang digunakan adalah kualitatif, serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam pendayagunaan wakaf Qur’an di lembaga amil zakat dompet amal pecinta Al-Qur’an mereka awalnya membuat konsep yang dilakukan oleh ketua. Yaitu dengan tema bagaimana lembaga tersebut bisa memfasilitasi orang-orang beragama islam yang ada di Indonesia untuk dapat belajar mengajar baca al Qur’an. Selanjut nya, dalam proses nya yaitu penghimpunan dana wakaf dari wakif, selanjutnya mencetak Al-Qur’an dari dana yang di himpun, dan pendistribusian kepada mauquf alaih. Untuk evaluasi nya yaitu setiap satu bulan sekali pada akhir bulan atau awal bulan. Dengan tujuan untuk memperbaiki atau menambah inovasi dalam kegiatan pendayagunaan wakaf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Wakaf; Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
General Management > Marketing, Management of Distribution
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ahmad Sa'id
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:52
Last Modified: 06 Dec 2022 01:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/60539

Actions (login required)

View Item View Item