Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koopertif tipe Rotating Trio Exchnge (RTE) dengan Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PAI Pokok Bahasan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam pada masa bani Abbasiyah : Penelitian pada kelas VIII SMP Madya Bandung

Septiana, Manda (2017) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Koopertif tipe Rotating Trio Exchnge (RTE) dengan Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran PAI Pokok Bahasan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam pada masa bani Abbasiyah : Penelitian pada kelas VIII SMP Madya Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari pembelajaran PAI yang masih dominan menggunakan metode ceramah yang divariasi dengan tanya jawab dan pemberian tugas. Pada kegiatan belajar mengajar pokok bahasan tertentu guru sudah menerapkan pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif, akan tetapi siswa belum bisa mengikuti kegiatan belajar dengan kondusif sehingga hasil belajar siswa belum optimal. Dalam hal Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil akademik siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange dan numbered head together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran rotating trio exchange dan model numbered head together pada materi Perkembangan ilmu pengetahuan Islam pada masa bani Abbasiyah, perbandingan siswa setelah mendapat pembelajaran dengan menggunakan model rotating trio exchange dan model numbered head together. Penelitan ini bertolak pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru memilih model pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih model pembelajar kooperatif rotating trio exchange dan model numbered head together. Metode rotating trio exchange dan metode numbered head together adalah metode yang dalam pembelajarannya berpusat kepada siswa yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu kelebihan dari kedua model tersebut adalah dapat meningkatan kinerja siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non equivalent Control Desain. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Madya Bandung dan untuk sampel menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII A dan VIII B sebanyak 60 siswa. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan metode rotating trio exchange dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan metode numbered head together pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam Pada Masa Bani Abbasiyah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan metode (RTE) nilai rata-rata pretest sebesar 53,8 dan posttest sebesar 67,93 katagori cukup baik. Sedangkan pada kelas yang menggunakan metode (NHT) nilai rata-rata pretest sebesar 54,83 dan posttest sebesar 76,9 dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar kelas yang menggunakan metode RTE memiliki N-Gain -0,07 dengan kategori rendah. Sedangkan kelas yang menggunakan metode NHT memiliki N-Gain 0,44 dengan kriteria sedang, disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara model rotating trio exchange dan model numbered head together yaitu 8,97 hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis yang menunjukan nilai t hitung 4,002 lebih besar dari t tabel 2,002 pada taraf signifikasi 5% yaitu 0,95.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model RTE; NHT
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2018 08:19
Last Modified: 05 Feb 2018 08:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item View Item