Munawaroh, Siti (2014) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadis pokok bahasan Surah Al-Lahab: Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MIS Al-Muslimin Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (771kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (542kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan permasalahan yang terjadi di kelas IV MIS Al-Muslimin Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Pada saat proses pembelajaran Quran Hadisdi kelas IV, yaitu kebanyakan siswa pasif artinya lebih banyak diam dan hanya menerima apa yangdisampaikan oleh guru, sehingga proses pembelajaran pun membuat siswa merasa jenuh.Ada siswa yang tidak memperhatikan guru ketika belajar, ngobrol dengan teman sebangkunya,dan berjalan-jalan ke luar kelas. Hal ini mengakibatkan rendahnya aktivitas peserta didik, jenuh dan kurang antusias dalam mengikuti pelajaran Quran Hadis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pola pembelajaran yang mampu melibatkan anak secara aktif, menggali materi, dan pendalaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk memperolehgambaran tentang proses belajarsiswa dalampembelajaran Quran Hadis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Dan diharapkan melalui penelitian ini siswa dapat belajar lebih aktif, memperhatikan penjelasan guru, dan senang mengikuti proses pembelajaran. Sesuai dengan model make a match siswa mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu dalam suasana yang menyenangkan. Pokok bahasan yang dibahas dalam mata pelajaran Quran Hadis yaitu surah Al-Lahab, adapun langkah-langkah dari model pembelajaran kooperatif tipe make a match yaitu: guru menentukan topik, guru membagi siswa menjadi 3 kelompok, kelompok pertanyaan, jawaban, dan kelompok penilaian,siswa mencari pasangan jawaban, siswa menilai jawaban siswa, dan guru mengklarifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran di kelas. Belajar siswa dengan melakukan tindakan tertentu secara kolaboratif dan sistematis melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Siswa yang dijadikan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Al-Muslimin Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi yang berjumlah 25 terdiri dari 9 laki-laki dan 16 perempuan. Dari hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat dilihat peningkatan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Quran Hadis, yaitu pada siklus I dengan nilai rata-rata 62,51% (Cukup Baik), sedangkan penerapan model pada siklus II dengan rata-rata 89,92% (Sangat Baik). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran quran hadis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rasyida Rofiatun Nisa |
Date Deposited: | 29 May 2018 20:57 |
Last Modified: | 29 May 2018 20:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6064 |
Actions (login required)
View Item |