Aplikasi tata cara pelaksanaan ibadah Haji Dan Umrah menggunakan Metode Markerless Augmented Reality berbasis Android

Iechsan, Muhamad Nur (2017) Aplikasi tata cara pelaksanaan ibadah Haji Dan Umrah menggunakan Metode Markerless Augmented Reality berbasis Android. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun islam kelima, rukun merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh umat islam. Dalam hal ini, memang sudah terdapat banyak informasi mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah tersebut. Namun seringkali membuat bingung para calon haji dikarenakan informasi tersebut kurang jelas secara visual. Augmented reality mampu menjawab kurang jelasnya tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah secara visual. Augmented reality memiliki beberapa metode dalam penggunaannya, salah satunya yaitu markerless. Metode ini bekerja dengan cara mengambil objek 2D/3D disekitar untuk dijadikan marker, dari marker tersebuat akan ditampilkan objek yang bergerak ataupun output yang sudah ada pada data sebelumnya. Aplikasi augmented reality ini menampilkan objek 3D disekitar yang berkaitan dengan materi Haji dan Umrah dari marker yang diberikan aksi berupa menjalankan animasi dan suara, menampilkan informasi objek 3D, zoom, maupun mengganti objek 3D. Berdasarkan hasil dari pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun secara fungsional telah mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi dalam pendeteksian marker antara lain intensitas cahaya, kamera dari smartphone yang digunakan, serta banyaknya interest point pada objek yang dijadikan marker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; markerless
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:25
Last Modified: 06 Feb 2018 02:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6069

Actions (login required)

View Item View Item