Penerapan Metode Index Card Match dengan menggunakan Kartu Pintar hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri Ciasem 1 Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang

Saáadah, Isnaine (2017) Penerapan Metode Index Card Match dengan menggunakan Kartu Pintar hubungannya dengan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri Ciasem 1 Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang terjadi di sekolah diantarnya rendahnya antusisa siswa dalam keterlibatannya selama proses belajar rendah, hal ini tampak dengan siswa tidak memperhatikan dan mendengarkan ketika guru sedang menyampaikan materi. Berdasarkan hal tersebut apakah metode index card match menggunakan kartu pintar ada hubungannya dengan aktivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penerapan metode index card match dengan menggunakan kartu pintar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Ciasem 1 Kecamatan Ciasem Kabupaten Subang, dan hubungannya penerapan metode index card match dengan menggunakan kartu pintar dengan aktivitas siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Adapun untuk analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. kualitatif diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara sedangkan kuantitatif diperoleh melalui pemberian angket dengan menggunakan statistik. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil (1) realitas penerapan metode index card match dengan menggunakan kartu pintar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 3.7 termasuk pada kualifikasi tinggi, karena berada pada interval 3.6 – 4.5. (2) realitas aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Ciasem 1 Kecamatan ciasem Kabupaten Subang sebesar 3.6 termasuk pada kualifikasi tinggi, karena berada pada interval 3.6 – 4.5. Nilai koefisiensi korelasinya diperoleh sebesar 0.73. tergolong pada kategori korelasi tinggi karena berada pada interval 0.70 – 0.90. kemudian hasil signifikansi korelasinya diperoleh thitung (5.71) > ttabel (2.048). Maka hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima dan (Ho) ditolak. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 32% dipengaruhi oleh metode index card match menggunakan kartu pintar sedangkan 68% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 11 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2018 02:57
Last Modified: 06 Feb 2018 02:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6070

Actions (login required)

View Item View Item