Maulaya, Annisa Qonita (2022) Strategi dakwah melalui Instagram : Deskriptif analitik pada pesan dakwah di akun @heyjong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (114kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (62kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (257kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin maju, telah menghapus batas antar kelas, antar bangsa, dan antar negara. Membawa pada lahirnya generasi yang disebut generasi milenial. Strategi menjadi hal yang sangat mendasar dalam pelaksanaan sebuah kegiatan dakwah, agar tujuan yang telah disusun dapat tercapai dengan baik. Penyampaian pesan dakwah yang membawa misi keislaman, kini tidak lagi terpaku pada kegiatan tabligh akbar atau mimbar terbuka. Saatnya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan kecanggihan media digital sebagai media dakwah. Instagram hadir menjadi salah satu media sosial yang tepat untuk dijadikan sebagai media dakwah masa kini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah sentimentil, strategi dakwah rasional, dan strategi dakwah indrawi yang dilakukan oleh akun @heyjong dalam menyampaikan dakwah melalui konten media sosial. Adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih ilmu di bidang dakwah pada ranah I’lam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan metode ini peneliti menghasilkan data yang mendetail, dan makna mendalam dari postingan akun @heyjong. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dengan jenis pendekatan kualitatif. Adapun teori yang digunakan yaitu teori media baru sebagai bahan kajian, yang menjelaskan bahwa media baru adalah media dengan peran internet di dalamnya, media online berbasis teknologi, bersifat fleksibel, dan interaktif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa akun Instagram @heyjong membuat konten dakwah mengangkat tema yang menggugah dimensi batin dan emosional audiens yang berdasarkan pada pengalaman pribadi sebagai pola strategi sentimentil. Menyentuh aspek kognitif audiens sehingga mempengaruhi konsep berpikirnya, dan membentuk sebuah keyakinan, juga mengangkat tema kontroversial sebagai pola strategi rasional. Menunjukkan keteladanan melalui konten-konten yang dipostingnya dengan pengemasan konten dalam bentuk komik sebagai strategi indrawinya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi; dakwah; instagram; konten; media sosial |
Subjects: | Teleology Arts |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Annisa Qonita Maulaya |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 01:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61373 |
Actions (login required)
View Item |