Motivasi Siswa Pada Penerapan Metode Kisah Qur’ani Hubungannya Dengan Akhlak Mereka Sehari-Hari: Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 1 Selaawi Garut

Hidayat, Ceng Alawi Nurul (2017) Motivasi Siswa Pada Penerapan Metode Kisah Qur’ani Hubungannya Dengan Akhlak Mereka Sehari-Hari: Penelitian di Kelas VII SMP Negeri 1 Selaawi Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1 COVER.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
10 BAB I.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (BAB III)
12 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB IV)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yaitu melalui observasi, penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang terjadi di sekolah siswa kelas VII SMPN 1 Selaawi Garut masih banyak siswa yang memiliki akhlak yang tidak terpuji di antaranya masuk kelas terlambat dengan alasan yang tidak jelas, berpakaian kurang rapi, kurang sopan santun terhadap sesama, kurang peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) motivasi siswa pada penerapan metode kisah qur’ani 2) akhlak mereka sehari-hari 3) hubungan antara motivasi siswa pada penerapan metode kisah qur’ani dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini bertolak dari pemikiran, bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dipengaruhi oleh motivasi. Dari asumsi tersebut secara teoretis dapat diambil hipotesis, yakni terdapat hubungan antara motivasi siswa pada penerapan metode kisah qur’ani dengan akhlak mereka sehari-hari, jika motivasinya tinggi, maka motivasi belajar mereka akan tinggi. Demikian pula sebaliknya, jika motivasi siswa terhadap pembelajaran di sekolah rendah, maka akhlak mereka akan rendah pula. Langkah-langkah penelitian: 1) jenis data, 2) sumber data, 3) metode dan teknik pengumpulan data. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dan teknik pengumpulan data yang berupa: angket, observasi, wawancara dan studi kepustakaan. 4) analisis data. Analisis data antara variabel X dan variabel Y ditempuh dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu secara parsial dan korelasi. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa 1) motivasi siswa pada penerapan metode kisah qur’ani termasuk kategori tinggi dengan nilai 3,58 berada pada interval 3,40 – 4,19, 2) Akhlak Siswa Sehari-hari termasuk pada kategori terpuji dengan nilai 4,15 berada pada interval 3,40 – 4,19, 3) hubungan antara motivasi siswa pada penerapan metode kisah qur’ani dengan akhlak mereka sehari-hari koefisien korelasinya termasuk kategori rendah didapatkan nilai 0,40 berada pada interval 0,21 – 0,40, berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh thitung 2,46 > ttabel 2,04 hipotesis diterima, pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 16% sedangkan 84% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Kisah Quráni
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulfa Sofyani Putri
Date Deposited: 08 Feb 2018 09:23
Last Modified: 08 Feb 2018 09:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/6144

Actions (login required)

View Item View Item