Hubungan iklim organisasi dengan kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Giri Asih dan Madrasah Tsanawiyah Al-Bidayah Kabupaten Bandung Barat

Supriyani, Atika (2022) Hubungan iklim organisasi dengan kinerja guru: Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Giri Asih dan Madrasah Tsanawiyah Al-Bidayah Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy

Abstract

Iklim organisasi adalah suasana di tempat kerja, yang membedakannya dari tempat kerja yang lain. Iklim organisasi menggambarkan lingkungan internal organisasi dan berakar pada budaya organisasi serta bersifat relatif sementara dan dapat berubah dengan cepat. Iklim organisasi adalah kualitas pada lingkungan internal organisasi seperti yang dirasakan oleh anggotanya. Iklim adalah persepsi karyawan terhadap suasana lingkungan internal. Kinerja guru adalah hasil kerja guru yang terefleksi dalam mendesain program pembelajaran atau menyusun perencanaan pembelajaran, hubungan antar pribadi, dan dalam mengevaluasi hasil belajar. Kinerja guru selalu menjadi pusat perhatian, karena guru merupakan penentu dalam meningkatkan prestasi belajar dan berperan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui iklim organisasi di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Giri Asih dan Madrasah Tsanawiyah Al-Bidayah Kabupaten Bandung Barat, untuk mengetahu kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Giri Asih dan Madrasah Tsanawiyah Al-Bidayah Kabupaten Bandung Barat, untuk mengetahui hubungan iklim organisasi dengan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis korelasi yang dilakukan terhadap 44 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan uji instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas kuesioner, uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas, serta uji hubungan atau korelasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hubungan antara iklim organisasi dengan kinerja guru menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 maka artinya terdapat korelasi atau hubungan antara iklim organisasi dengan kierja guru. Adapun nilai koefisien korelasi sebesar 0,724 berada pada tingkat kuat, karena terdapat pada kategori 0,60-0,79 yang artinya iklim organisasi dengan kinerja guru guru memiliki hubungan yang kuat. Jenis hubungan variabel iklim organisasi dengan kinerja guru yang mengarah pada sifat positif dikarenakan angka pearson correlation sebesar 0,724 yang mana tidak memiliki tanda (-) pada angka tersebut. Kemudian koefisiensi determinasi (R square) yang diperoleh adalah sebesar 0,524 yang artinya kontribusi variabel iklim organisasi dengan kinerja guru adalah sebesar 52,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Iklim Organisasi; Kinerja Guru
Subjects: Education > Organization of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Atika Supriyani Atik
Date Deposited: 13 Dec 2022 01:26
Last Modified: 13 Dec 2022 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/61641

Actions (login required)

View Item View Item