Persepsi masyarakat terhadap program Ngopi Kompas TV di masa pandemi : Studi kasus pada masyarakat Kecamatan Makasar Halim Perdanakusuma Kota Jakarta Timur

Ulhaq, Naufalia Nisrina Dhiya (2022) Persepsi masyarakat terhadap program Ngopi Kompas TV di masa pandemi : Studi kasus pada masyarakat Kecamatan Makasar Halim Perdanakusuma Kota Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (18kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (286kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (608kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Menu tayangan pada televisi yang bervariasi akan membuat pola pikir menjadi lebih berkembang. Bukan hanya itu, tetapi pengetahuan, perasaan,serta perilaku juga bisa mengalami perubahan. Perilaku dalam menyaksikan dapat dipengaruhi oleh minat, presepsi, dan juga atensi. Salah satu stasiun televisi yang menemani masyarakat dalam memberikan berbagai isu terkini hingga acara talkshow yakni Ngopi Kompas TV. Tujuan dilakukannya studi ini untuk cari tahu terkait bagaimana persepsi masyarakat terhadap program Ngopi Kompas TV di masa pandemi melalui tiga fokus penelitian, meliputi program Ngopi Kompas TV dalam memenuhi kebutuhan informasi, nilai penting program Ngopi Kompas TV dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, nilai tambah program Ngopi Kompas TV dalam memberikan kualitas informasi masyarakat Kecamatan Makasar Halim Perdanakusuma Kota Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah metode studi deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian ini secara rinci bagaimana persepsi masyarakat terhadap program Ngopi Kompas TV di masa pandemi. Metode kualitatif dilakukan dengan cara wawancara bersama masyarakat Kecamatan Makasar Halim Perdanakusuma Kota Jakarta Timur. Penelitian ini didasarkan pada konsep persepsi yaitu seleksi, interpretasi, danreaksi. Seleksi merupakan proses penyaringan indera terhadap rangsanga dari luar. Interpretasi adalah proses pengorganisasian informasi sehingga mempunyai arti bagi seseorang. Interpretasi dan seleksi kemudian diterjemahkan dalam bentuk tingkah laku sebagai reaksi. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa informan memiliki kriteria masing-masing untuk menentukan sebuah program yang layak untuk ditonton, setiap informan memliki pertimbangan memilih program Ngopi Kompas TV menjadi salah satu sumber informansi yang dicari karena dalam program Ngopi Kompas TV penonton dapat melihat langsung pokok permasalahan. Program Ngopi Kompas TV memiliki respon positif, dapat mengedukasi masyarakat dengan setiap tayangan tentang peristiwa, dapat memenuhi kebutuhan informasi kepada masyarakat dengan memiliki ciri khas penyampaian dengan suasana santai akan tetapi tersampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti oleh masyarakat. Program Ngopi Kompas TV dapat memberikan nilai tambah terhada pandangan para masyarakat dengan syarat memiliki data valid dan fakta, bersifat logis, menjadi lebih terarah sebagaimana fakta yang sebenarnya terungkap.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Program Ngopi; Kompas TV
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: naufalia naufalia nisrina dhiya ulhaq
Date Deposited: 14 Dec 2022 02:32
Last Modified: 14 Dec 2022 02:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61653

Actions (login required)

View Item View Item