Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Studi Deskriptif Pada Program CSR Adaro Nyalakan Perubahan)

Putra, Aldi Bimas (2022) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Energy Indonesia Tbk (Studi Deskriptif Pada Program CSR Adaro Nyalakan Perubahan). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy

Abstract

PT Adaro Energy Indonesia Tbk adalah perusahaan energi yang bisnisnya bergerak di sektor sumber daya alam yaitu batu bara, mineral dan energi. Corporate social responsibility menjadi hal penting untuk dilaksanakan oleh suatu perusahaan. Program CSR dalam suatu perusahaan dilaksanakan untuk membangun hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat demi kepentingan meningkatkan taraf kehidupan, mengembangkan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan menjaga ekosistem lingkungan hidup. Perusahaan yang bergerak dibidang sumber daya alam diwajibkan berkontribusi dalam menjalankan amanat Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 pasal 74 tentang tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder, metode peneltian studi deskriptif dalam penelitian ini bertujuan untuk memahami, menggambarkan dan mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata mengenai implementasi corporate social responsibility. Penelitian ini menggunakan konsep triple bottom line dari John Elkington. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi corporate social responsibility PT Adaro Energy Indonesia Tbk melalui program Adaro Nyalakan Perubahan diawali dengan gambaran program kegiatan corporate social responsibility yang meliputi penentuan visi dan misi program, social mapping dan analisis dampak sosial ekonomi dan lingkungan. Tahap selanjutnya adalah proses pelaksanaan atau tahap implementasi program kegiatan corporate social responsibility, yang didalamnya terdapat program unggulan yaitu Beasiswa Indonesia Bright Future Leaders dan bekerja sama dengan beberapa universitas di sekitar operasional perusahaan dan universitas ternama di Indonesia. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi dan monitoring, dalam tahap evaluasi dan monitoring ini dilakukan oleh dua pihak yaitu pihak internal dan pihak eksternal. Pihak internal meliputi karyawan perusahaan, komisaris perusahaan dan tim corporate social responsibility perusahaan, sedangkan pihak eksternal meliputi konsultan eksternal dan media. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti menjelaskan bahwa PT Adaro Energy Indonesia Tbk telah melakukan tanggung jawab sosial perusahaan dalam menciptakan program kegiatan corporate social responsibility yang mengacu pada konsep triple bottom line John Elkington.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility
Subjects: Humankind
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Aldi Bimas Putra
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:18
Last Modified: 15 Dec 2022 01:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61734

Actions (login required)

View Item View Item