Peran pasar tradisional dalam peningkatan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam : Studi kasus pasar Manis Ciamis di Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat

Radibillah, Fahmi (2021) Peran pasar tradisional dalam peningkatan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi Islam : Studi kasus pasar Manis Ciamis di Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini yakni terdapat Pasar Manis Ciamis yang dimanfaatkan sebagai upaya untuk meningkatkan ekonomi warganya dengan melakukan penjualan kebutuhan sehari-hari serta bahan makanan. Upaya tersebut membuat keadaan perekonomian menjadi lebih baik dibandingkan yang sebelumnya, utamanya ketika melakukan pemenuhan untuk kebutuhan hidup. Namun, jika tujuannya hanya untuk mendapatkan laba yang besar, dan tujuan bisnis yaitu untuk membenarkan beberapa cara guna mewujudkan tujuan ini, sering kali membenarkan perilaku negatif, dimana sering kali menghasilkan kebiasaan. Tentu saja hal tersebut tidak sejalan terhadap berbagai prinsip dalam ekonomi Islam. Padahal, ekonomi Islam termasuk varian dari nilai keislaman yang mempelajari permasalahan ekonomi dalam kehidupan. Penelitian ini memiliki tujuan agar diketahui sejauh mana peranan pasar tradisional Manis Ciamis dalam mengoptimalkan ekonomi masyarakatnya, dilihat dari sudut pandang ekonomi menurut Islam. Penelitian ini menerapkan teori pasar tradisional, peran pasar tradisional, peningkatan ekonomi serta ekonomi islam. Sebagian besar penelitian ini berkaitan dengan peningkatan perekonomian, dan prinsip syariah belum optimal. Pendekatan yang dipergunakan yakni pendekatan deskriptif kualitatif yang diartikan sebagai penggambaran suatu data dengan menggunakan kalimat ataupun kata yang dipisahkan berdasarkan pengkategorian dalam menarik simpulan. Adapun data yang dipergunakan ialah data primer yang didapatkan secara langsung dari suatu sumber serta data sekundernya dengan tulisan secara umum yang sifatnya kepustakaan dimana berkaitan dengan masalah penelitian dan dengan wawancara, pengamatan maupun dokumentasi. Hasil yang didapatkan dapat disimpulkan yakni pasar makanan tradisional Manis Ciamis berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama karena produknya lebih murah. Kendala yang dihadapi yakni peralihan dari pasar tradisional ke pasar modern, kurangnya minat dari pemerintah daerah untuk mengatur dan memelihara pasar, dan pasar fajar yang tidak teratur. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menata dan menegakkan peraturan pemerintah daerah di Kabupaten Ciamis. Penerapan prinsip syariah pada suatu perilaku pedagang pasar tradisional cukup baik sebab harga ditetapkan oleh faktor saling suka, barang dagangan yang halal lagi baik, kebersihan, kejujuran ketika menimbang serta mengimplementasikan prinsip bebas dari riba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional; Perekonomian Masyarakat; Ekonomi Islam
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Fahmi Radibillah
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:31
Last Modified: 20 Dec 2022 02:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/61875

Actions (login required)

View Item View Item