Fitriani, Shella (2022) Kompetensi manajerial kepala Tata Usaha hubungannya dengan kualitas pelayanan administrasi di Madrasah: Penelitian pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi...pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
Abstract
Tata usaha merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah lembaga madrasah, karena didalam dunia tata usaha itu menyediakan berbagai kebutuhan layanan yang menunjang kegiatan madrasah. Dengan kemampuan manajerial, kepala tata usaha bisa mengatur bagaimana cara memanajemen dan menjalankan pelayanan administrasinya itu yang dilakukan oleh para stafnya. Kualitas dari layanan tersebut baik dan efektif dilihat dari sejauh mana kompetensi manajerial kepala tata usaha itu sudah sesuai standar nasional pendidikan yang tertuang dalam Permendiknas No. 24 tahun 2008 dan para pengguna layanan merasa puas dalam layanan tersebut ketika sudah merasakal hal-hal yang tertuang dalam buku (Jasfar, 2005: 51). Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung, 2) Kualitas Pelayanan Administrasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung, 3) Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha Hubungannya Dengan Kualitas Pelayanan Administrasi Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Kota Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif verifikatif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pembuktian pengujian hipotesis dari hasil penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (Validitas dan Reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (normalitas dan linieritas), dan uji korelasi (rank sperman). Berdasarkan hasil pengujian secara statistik, bahwa terdapar hubungan yang signifikan mengenai Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha dengan Kualitas Pelayanan Administraasi. Hasil dari perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,31, termasuk pada rentang 3,6 – 4,5, maka indikator kompetensi manajerial kepala tata usaha di Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kota Bandung disimpulkan masuk pada kategori tinggi. Terlihat dari semua indikator setiap indikatornya itu masuk kategori tinggi, yang paling tinggi itu indikator Mendukung pengelolaan standar nasional pendidikan dengan peroleh nilai 4,45 dan yang paling kecil nya itu indikator pengelolaan sumber daya dengan peroleh nilai 4,00. Sedangkan mengenai Kualitas Pelayanan Admiistrasi diperoleh nilai rata-rata yaitu sebesar 4,39 termasuk pada rentang 3,6 – 4,5, maka dapat disimpulkan indikator kualitas pelayanan administrasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri se Kota Bandung masuk pada kategori tinggi. Terlihat dari semua indikator setiap indikatornya itu masuk kategori tinggi, yang paling tinggi itu indikator jaminan dengan perolehan nilai 4,49 dan yang paling kecilnya itu indikator kehandalan dengan perolehan nilai 4,25. Adapun mengenai hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Tata Usaha dengan Kualitas Pelayanan Administrasi terdapat hubungan yang memiliki nilai signifikan sebesar 0,029 < 0,05, maka artinya memiliki hubungan yang signifikan. Adapun nilai korelasi koefisien sebesar 0,398 termasuk pada interval 0,26 – 0,50. Maka, artinya tingkat hubungan kompetensi manajerial kepala tata usaha dengan kualitas pelayanan administrasi adalah cukup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Manajerial; Kepala Tata Usaha; Kualitas Pelayanan Administtrasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Diplomas General Management > Elements of Personnel Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Shella Fitriani |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 04:03 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 04:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62010 |
Actions (login required)
View Item |