Penerapan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing secara daring pada praktikum uji molekul hayati I : karbohidrat, lemak, dan protein

Andriani, Wina (2022) Penerapan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing secara daring pada praktikum uji molekul hayati I : karbohidrat, lemak, dan protein. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan selama masa pandemi Covid-19 yaitu tidak efektifnya pembelajaran dan praktikum yang dilaksanakan secara daring. Pembelajaran yang dilakukan di laboratorium salah satunya yaitu mata kuliah Kimia Organik II pada praktikum uji molekul hayati I yang kurang menekankan mahasiswa untuk berpikir secara mandiri karena penyajian petunjuk praktikum masih berupa modul. Agar aktivitas praktikum terukur secara langsung, maka dibutuhkan suatu lembar kerja yang dapat diakses oleh mahasiswa secara daring dengan menggunakan platform google form sehingga asisten praktikum bisa mendapatkan jurnal akhir praktikum sesaat setelah mahasiswa beres melaksanakan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis kemampuan kognitif mahasiswa setelah diterapkan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing secara daring pada praktikum uji molekul hayati I (karbohidrat, lemak, dan protein). Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan soal pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. dengan menggunakan flatfom google form. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan LKM berbasis inkuiri terbimbing memperoleh nilai rata-rata secara keseluruhan sebesar 83,83 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata tertinggi yaitu pada tahap mengumpulkan data sebesar 85,73 dengan kategori sangat baik. Nilai rata-rata terendah yaitu pada tahap menganalisis data sebesar 79,48 dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa setelah penerapan LKM berbasis inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dengan N-Gain sebesar 0,58 menunjukkan kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing; Daring; LKM; Kognitif; Uji Molekul Hayati I
Subjects: Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Wina Andriani
Date Deposited: 21 Dec 2022 02:08
Last Modified: 21 Dec 2022 02:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62017

Actions (login required)

View Item View Item