Penerapan model Inkuiri terbimbing berbantuan E-Module pada materi Reduksi Oksidasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Walidaeni, Ajeng Nurul (2022) Penerapan model Inkuiri terbimbing berbantuan E-Module pada materi Reduksi Oksidasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan E-Module pada materi reduksi oksidasi, dan mendeskripsikan sikap siswa selama proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan desain one grup pretest-posttest. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 6 Garut dengan jumlah 30 siswa. Intrumen yang digunakan berupa LK, soal pretest posttest, dan lembar penilaian sikap. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan LK menghasilkan nilai yang beragam pada setiap tahapan. Perolehan nilai rata-rata dari yang terendah hingga tertinggi berturut-turut adalah tahap merumuskan masalah dengan rata-rata 86, tahap menganalisis data membuat kesimpulan masing masing dengan rata-rata 87, tahap merumuskan hipotesis dengan rata-rata 88, tahap melakukan percobaan dengan rata-rata 91 dan tahap merancang percobaan dengan rata-rata 93. Peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan tergolong sedang dengan nilai n-gain sebesar 0,66. Nilai sikap siswa selama pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata 94. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan e-module dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-module redoks; model inkuiri terbimbing; reduksi oksidasi
Subjects: Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ajeng Nurul Walidaeni
Date Deposited: 21 Dec 2022 05:50
Last Modified: 21 Dec 2022 05:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62062

Actions (login required)

View Item View Item