Pengaruh likuditas & struktur modal terhadap profitabilitas : Studi pada PT.Kereta Api Indonesia periode 2010-2020

Laksana, Mochamad Arya Surya (2022) Pengaruh likuditas & struktur modal terhadap profitabilitas : Studi pada PT.Kereta Api Indonesia periode 2010-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inkonsistensi PT. Kereta Api Indonesia dalam mendapatkan Profitabilitas selama periode 2010-2020 yang diprediksi dipengaruhi oleh variabel Likuditas dan Struktur Modal Perusahaan. Selain masalah yang disebutkan sebelumnya, terjadi fenomena Gap teori dan dengan banyak hasil penelitian terdahulu terjadi ketidaksamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas yang diwakilkan oleh Current Ratio dan Struktur Modal yang diwakilkan oleh Debt to Equity Ratio terhadap Profitabilitas yang diwakilkan oleh Return on Equity baik secara parsial ataupun simultan pada PT. Kereta Api Indonesia Periode 2010-2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verivikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penetian ini adalah laporan keuangan dengan rentan waktu dari 2008 hingga 2020 (12 Populasi). Sampel diambil dengan memanfaatkan teknik purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditetapkan dan Sampel yang diambil adalah periode 2010-2020 (8 Sampel). Kemudian untuk memecahkan masalah pada penelitian ini memanfaatkan analisis regeresi dengan memanfaatkan data time series. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan Likuditas terhadap Profitabilitas dengan nilai t_(hitung ) sebesar 1,978 < t_tabel 2,4469 dengan nilai signifkasi 0,105 < 0,050. Kemudian secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan Struktur Modal terhadap Profitabilitas dengan nilai t_(hitung ) sebesar -2,747 > t_tabel -2.4469 dengan nilai signifkasi 0,044 > 0,050. Selanjutnya secara simultan Likuditas dan Struktur Modal memiliki pengaruh sangat signifikan terhadap Profitabilitas dengan nilai F_(hitung ) sebesar 7,14 > F_tabel 5,79 dengan nilai signifkasi 0,034 > 0,050 Pada PT. Kereta Api Indonesia Periode 2010-2020 dengan tingkat determinasi 74.1%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Likuditas; Struktur Modal; Profitabilitas;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Capital
Financial Economics, Finance > Credit and Loan Institutions
Financial Economics, Finance > Money
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mochamad Arya Surya Laksana
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:25
Last Modified: 26 Dec 2022 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62299

Actions (login required)

View Item View Item