Jurnalisme lingkungan: Studi penerapan etika jurnalisme llingkungan “Berempati kepada yang Lemah” pada Film Dokumenter Kinipan

Fadilah, Adinda Putri (2022) Jurnalisme lingkungan: Studi penerapan etika jurnalisme llingkungan “Berempati kepada yang Lemah” pada Film Dokumenter Kinipan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak..pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini isu lingkungan merupakan isu darurat karena kualitas lingkungan berdampak pada kualitas hidup manusia secara langsung, sehingga perlu penanganan dan penyelesaian secara langsung. Berbagai pihak harus terlibat, termasuk media massa dibutuhkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Film dokumenter sebagai salah satu produk jurnalistik dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Berbagai produk jurnalistik termasuk film dokumenter dengan tema jurnalisme lingkungan tentu harus menerapkan prinsip-prinsip etika jurnalisme lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan etika jurnalisme lingkungan. Secara lebih rinci, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ground, object dan interpretant “berempati kepada yang lemah” pada salah satu produk jurnalisme lingkungan, yaitu film dokumenter “Kinipan”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semiotika Charles Sanders Pierce dengan model triangle meaning. Dengan mengunakan teori semiotika, penelitian ini akan mengungkapkan setiap tanda yang dibuat oleh Watchdoc Documentary yang menerapkan prinsip etis jurnalisme lingkungan “berempati kepada yang lemah” pada film dokumenter yang hendak dianlisis yaitu “Kinipan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode jenis kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penyelidikan semiotika charles sanders pierce yang berfokus membedah ground, object dan interpretantnya. Hasil dari penelitian ini diperoleh 12 tanda pada konsep ground, 12 tanda pada konsep object dan 11 tanda pada konsep interpretant. Dalam film Kinipan, Watchdoc menggunakan enam dimensi yaitu qualisign, sinsign, legisign, icon, index, dan decisign. Watchdoc tidak menggunakan tiga dimensi lainnya yaitu symbol, rheme dan argument. Meskipun tidak ada tiga dimensi yang telah disebutkan, namun dapat disimpulkan Watchdoc telah menerapkan prinsip etika jurnalisme lingkungan. Dengan ke-enam dimensi yang digunakan, dapat dilihat Watchdoc telah “berempati kepada yang lemah”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Lingkungan; Film Dokumenter; Kinipan; Semiotika Charles Sanders Pierce
Subjects: Environmental Protection Engineering
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: S.Sos Adinda Putri Fadilah
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:07
Last Modified: 27 Dec 2022 08:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62393

Actions (login required)

View Item View Item