Implementasi manajemen strategi pelayanan travel dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah: Studi deskriptif di PT. Sahabat Hijrah Indonesia Ash-Shiddiq Tours Subang

Purnama, Aditya Dwi (2022) Implementasi manajemen strategi pelayanan travel dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah: Studi deskriptif di PT. Sahabat Hijrah Indonesia Ash-Shiddiq Tours Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas umat muslim bahkan termasuk negara dengan umat muslim terbesar didunia. Tercatat pada musim haji pada tahun 2022 jamaah terbanyak yang menunaikan ibadah haji berasal dari Indonesia yakni mencapai 100.051 jamaah atau setara dengan 10% dari total kuota jamaah haji yang disediakan pemerintah Arab Saudi untuk seluruh umat muslim didunia yang ingin menunaikan ibadah haji. Sehingga dengan melihat hal itu tentunya harus menjadi perhatian pemerintah Indonesia juga seluruh pihak penyelenggara untuk dapat memberikan fasilitas pelayanan yang optimal serta terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah agar menciptakan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadahnya.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan menggunakan teknik analisis data secara kualitatif, yakni dengan reduksi data, display data, yang kemudian pada akhirnya dapat diambil kesimpulan. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus deming atau yang dikenal sebagai PDCA (Planing, Do, Chek, Act)(plan, do, chek, act) yang membahas tentang peningkatan kualitas secara terus menerus. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang dilakukan oleh PT. Sahabat Hijrah Indonesia Ash-Shiddiq Tours yakni dengan melakukan beberapa tahapan, yaitu melakukan perencanaan dengan menetapkan visi, misi dan tujuan serta melakukan analisis internal dan eksternal dengan menggunakan metode analisis SWOT, selanjutnya melakukan tahapan implementasi, setelah itu dilakukannya evaluasi secara menyeluruh agar mengetahui persentase keberhasilan dan untuk menemukan masalah, dan ketika masalah telah ditemukan maka akan ditindak lanjuti sebagai upaya untuk memperbaiki masalah. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa masalah yang timbul adalah tentang loyalitas jamaah pada program wadiah sebagai dampak dari pandemi dan regulasi pemerintah yang menutup sementara pemberangkatan haji dan umrah, namun kendala tersebut dapat diatasi dengan dibuatkannya aplikasi untuk mengecek dana wadiah yang ditabungkan oleh para calon jamaah, hal tersebut juga menjadi pembuktian dari tujuan perusahaan, yakni mudah, amanah, dan berkah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Manajemen Strategi; Pelayanan; Haji; Umrah;
Subjects: General Management > Planning and Strategic Management
General Management > Decision Making Management
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Aditya Dwi Purnama
Date Deposited: 28 Dec 2022 04:00
Last Modified: 28 Dec 2022 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/62496

Actions (login required)

View Item View Item