Utami, Sahida Zuriyah Hijjah Dwi Putri Utami (2022) Upaya meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak melalui media Sandpaper Letters : Penelitian tindakan kelas di kelompok B2 RA Al Gozali Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (174kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (703kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (922kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan latar belakang dari hasil studi pendahuluan peneliti yang menunjukkan bahwa terdapat masalah di RA Al Gozali Kota Bandung, yaitu rendahnya kemampuan menulis anak yang dibuktikan dengan kurangnya kemampuan anak dalam menulis huruf abjad. Permasalahan ini juga terjadi karena tuntutan orang tua serta jenjang pendidikan formal setelah TK/RA yang mengharuskan anak untuk memiliki kemampuan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al-Gozali Kota Bandung sebelum diterapkan metode sandpaper letters; 2) penerapan metode sandpaper letters untuk meningkatkan kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA Al-Gozali Kota Bandung setiap siklus; 3) kemampuan menulis abjad anak di kelompok B2 RA AlGozali Kota Bandung setelah diterapkan metode sandpaper letters setiap siklus. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran Maria Montessori bahwa media sandpaper letters atau kartu kertas amplas dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad pada anak. Media sandpaper letters efektif digunakan anak untuk mengenal dan menulis huruf abjad dengan cara meraba huruf yang terdapat pada tiap kartunya, serta melatih kemampuan motorik kasar dan halus anak. Dari asumsi teori ini, maka diajukan hipotesis bahwa media sandpaper letters diduga dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak di kelompok B2 RA Al Gozali Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode ini memuat empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi,dengan subjek penelitian ialah anak kelompok B2 yang berjumlah 11 anak. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi guru, anak dan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan menulis anak kelompok B2 RA Al Gozali Bandung sebelum menerapkan penggunaan media sandpaper letters masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase ratarata kemampuan menulis anak kelompok B2 RA Al Gozali termasuk kedalam kategori Mulai Berkembang; 2) proses pembelajaran berlangsung dengan baik pada tiap tindakan persiklusnya. Terlihat dari hasil oservasi kegiatan anak, dilihat dari siklus I rata-rata persentase dari tindakan I dan II adalah 73,34% dengan kriteria cukup. Sedangkan pada siklus II meningkat, rata-rata persentase dari tindakan I dan II adalah 100% dengan kriteria baik; 3) Setelah menerapkan penggunaan media sandpaper letters, kemampuan menulis huruf abjad anak di kelas B2 RA Al Gozali Bandung mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I persentase hasil observasi rata-rata yang didapatkan sebesar 65,46%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,35% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yang artinya media sandpaper letters dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf abjad anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini; Kemampuan Menulis; Huruf Abjad; Sandpaper Letters |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Sahida Zuriyah Hijjah Dwi Putri Utami |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 03:26 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 03:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/62497 |
Actions (login required)
View Item |